Kantor Pusat Baru Bridgestone Indonesia Tahan Gempa

Berita Otomotif

Kantor Pusat Baru Bridgestone Indonesia Tahan Gempa

JAKARTA – PT. Bridgestone Tire Indonesia (Bridgestone Indonesia) mengumumkan beroperasinya kantor pusat baru di Karawang, Jawa Barat yang memiliki beberapa keunggulan, salah satunya tahan gempa.

Kantor baru tersebut menggunakan teknologi tahan gempa termutakhir dari Jepang bernama mid-story base isolation system. Teknologi itu mengaplikasikan isolasi seismik yang berada di atas kolom tempat parkir basement pertama untuk mencegah dampak kerusakan struktur pada mobil dan orang-orang di sekitarnya ketika struktur utamanya bergerak akibat gempa bumi.

Pada bangunan, terpasang 51 bantalan karet peredam berkemampuan tinggi buatan Bridgestone untuk menyerap energi seismik yang terjadi. Penerapan teknologi mid-story base isolation system diharap menghadirkan lingkungan kerja aman bagi para pekerja Bridgestone Indonesia.

“Di daerah rawan gempa bumi seperti Jepang dan Indonesia, penggunaan teknologi anti-gempa seperti ini dapat menjadi solusi mengurangi dampak bencana. Penggunaan teknologi base isolation system pada kantor pusat Bridgestone Indonesia ini juga menjadi perwujudan lingkungan kerja lebih aman bagi seluruh karyawan yang ada di lingkungan ini,” ucap Akihito Ishii, Presiden Direktur Bridgestone Indonesia.

Teknologi bangunan maupun rumah tahan gempa masih belum lazim di Indonesia meskipun bencana gempa bumi relatif sering terjadi. Bahkan, baru-baru ini, terjadi rentetan gempa berkuatan terbesar lebih dari 7 skala richter di Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah, diikuti tsunami setinggi 2 – 6 meter.

Lebih lanjut, kantor pusat Brigdestone Indonesia terintegrasi pula dengan area pabrik mereka. Pengintegrasian kantor pusat dengan pabrik dapat mempermudah dan memperkuat komunikasi agar merek ban asal ‘Negeri Sakura’ itu bisa semakin baik dalam mengembangkan dan memberikan produk di pasar otomotif Tanah Air. Kantor terdiri pula dari fasilitas-fasilitas penunjang lain seperti kantin dan pusat olahraga.

“Kini semua unit kerja kami telah berada dalam satu area, yaitu di Kawasan Industri Suryacipta, Karawang. yang tentunya akan memudahkan semua proses bisnis kami di Indonesia. Selain itu, hal ini juga membantu kami mengalokasikan sumber daya secara lebih efisien dan fokus untuk mewujudkan pelayanan terbaik untuk konsumen di Indonesia,” ujar Ishii. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar