SPBU BP Bisa Jadi Tempat Nongkrong dan Minum Kopi

Berita Otomotif

SPBU BP Bisa Jadi Tempat Nongkrong dan Minum Kopi

JAKARTA – Perusahaan minyak dan gas Inggris, British Petroleum (BP), ingin Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) mereka di Indonesia berbeda dari yang lain. Caranya adalah dengan lebih mengakomodasi aspek gaya hidup dan membuatnya sebagai tempat nongkrong dan minum Kopi Tuku.

Seperti diberitakan sebelumnya, BP meluncurkan SPBU-SPBU pertama mereka di Indonesia pada Kamis (14/2019). Sejauh ini mereka memiliki empat SPBU di Cibubur, Jababeka, Serpong, Bintaro dan pada akhir 2019 akan mempunyai total 20 SPBU. Adapun target BP adalah membangun 350 SPBU dalam 10 tahun ke depan.

Lebih lanjut, BP menyadari bahwa bisnis bahan bakar minyak (BBM) retail di Indonesia sebagian besar dikuasai oleh Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Pertamina. Sisanya harus diperebutkan oleh ‘pemain-pemain’ swasta yakni Shell, Total, Vivo dan kini BP.

Meski begitu, BP melihat potensi pasar Indonesia yang dapat digarap saat ini dan di masa depan masih sangat ‘lezat’.

“Pertumbuhan ekonomi Indonesia masih bisa tumbuh di atas 5 persen dan pertumbuhan kebutuhan BBM melebihi jumlah SPBU yang bisa dibangun. Itu saja sudah menyediakan peluang bagi BP untuk masuk ke pasar dan menyediakan lebih banyak opsi bagi konsumen di sini dengan membawa BBM berkualitas dengan Active Technology,” ucap Peter Molloy, President Director BP AKR Fuels Retail, menjawab pertanyaan Mobil123.com dalam konferensi pers peluncuran.

Peluang lain di bisnis SPBU di Indonesia adalah jumlah kelas menengah yang terus meningkat.

“Kami mengetahui bahwa dalam 12 tahun ke depan populasi kelas menengah di negeri ini bakal meningkat duua kali lipat. Itu menyediakan pula peluang bagi kami,” tandasnya.

Dari Kopi Tuku Sampai Pelumas Castrol
Peter menjelaskan cara BP bersaing dengan para kompetitor adalah dengan memberikan diferensiasi pada SPBU mereka. Jaringan mereka nantinya lebih memfasilitasi gaya hidup yang tumbuh di masyarakat Indonesia, khususnya kesenangan untuk nongkrong sambil minum kopi.

SPBU BP bakal menyediakan ‘one-stop shop’ dengan fasilitas-fasilitas toko swalayan mini, kedai kopi ternama, bengkel service sepeda motor sederhana, toko pelumas Castrol. Ada pula musholla, toilet dengan sarana-prasarana baik termasuk untuk kaum disabilitas, hingga Wi-Fi gratis.

Saat ini BP sudah menjalin kerja sama perusahaan-perusahaan lokal yang dapat membantu menyediakan serta mengakomodasi kebutuhan serta karakteristik masyarakat. antara lain dengan Alfamart, Castrol  Bike Point, Toko Kopi Tuku plus Martabak Orins.

“Jadi, kami menyediakan fasilitas bagi mereka yang hanya ingin lewat, mengisi bensin, dan pergi cepat-cepat untuk menjalani aktivitasnya yang sibuk dan juga fasilitas bagi mereka yang berniat nongkrong dan sedikit berlama-lama,” tandas Peter. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar