Bose Ciptakan Peredam Suara Mobil Berteknologi Tinggi

Berita Otomotif

Bose Ciptakan Peredam Suara Mobil Berteknologi Tinggi

FRAMINGHAM - Bose mengenalkan teknologi terbarunya yang disebut dengan QuietComfort Road Noise Control.

QuietComfort Road Noise Control yang disematkan di dalam mobil ini menggunakan keahlian mereka dalam mengembangkan headphone. Dengan demikian suara yang tidak diinginkan untuk masuk ke dalam kabin dapat semakin diminimalisir.

Secara umum, pabrikan mobil menambahkan peredam suara tebal, ban khusus dan beberapa langkah lain untuk mengurangi suara asing masuk ke dalam kabin. Sayangnya, langkah ini meningkatkan bobot kendaraan dan mengurangi efisensi bahan bakar.

Sementara itu, Bose mengklaim bahwa teknologi peredaman mereka sangatlah berbeda. Teknologi Bose QuiteComfort Road Noise Control ini menggunakan akselerator, mikrofon, perangkat lunak pemrosesan sinyal dan sistem audio kendaraan untuk mengontrol suara yang tidak diinginkan.

Akselerator ditempatkan di body mobil yang dapat memicu algoritma Bose dan mendetaksi getaran pada mobil. Informasi kebisingan kemudian dihitung untuk menciptakan akustik tertentu yang dapat menciptakan sinyal pembatalan akustik tertentu. Sinyal tersebut dikirimkan melalui speaker kendaraan untuk meminimalkan kebisingan..

Sementara itu mikrofon berfungsi untuk memantau kebisingan sehingga memungkinkan sistem melakukan penyesuaian dengan cepat saat terjadi pengubahan. Dengan teknologi ini maka kebisingan dalam kabin dapat berkurang lebih baik.

Sayangnya teknologi ini masih belum bisa dinikmati dalam waktu dekat. Bose menyebut bahwa teknologi ini masih harus terus dikembangkan dan diperkirakan baru bisa dinikmati pada akhir 2021. [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Support