Bosch Kembangkan Pedal Gas Bisa 'Tegur' Pengemudi

Berita Otomotif

Bosch Kembangkan Pedal Gas Bisa 'Tegur' Pengemudi

GERLINGEN - Bosch telah mengembangkan model baru pedal gas dilengkapi dengan umpan balik haptic (haptic feedback). Apa maksudnya ya Mobilovers?

Ya, perusahaan pemasok komponen otomotif asal Jerman ini mencoba mengembangkan pedal gas yang dilengkapi dengan getaran pada kaki pengendara.

Teknologi ini bekerja dengan mengirimkan sinyal getar ke kaki pengendara jika kaki pengendara terbaca sensor terlalu banyak menginjak pedal gas, di mana getaran tersebut diartikan memperingatkan jika pijakan terlalu dalam sehingga menyebabkan konsumsi bahan bakar minyak terlampau boros.

Fitur menarik dari Bosch di mana mengembangkan sebuah produk untuk membantu meningkatkan efisiensi bahan bakar minyak. Memang banyak pengemudi tanpa disadari telah menghambur-hamburkan BBM.

Sementara itu sejumlah mobil masa kini telah memiliki sistem gear-shift di dashboard. Namun bagi Bosch solusi yang diusulkan jauh lebih efektif karena langsung 'menegur' sopir seperti dilansir Autoevolution.

Bahkan jauh lebih canggih lagi, Bosch merancang fitur barunya ini untuk bisa memperlambat laju kendaraan jika sopir tidak menuruti perintah (tidak efisien menekan pedal). Dijelaskan Bosch, pedal gas akan otomatis terangkat agar BBM tidak terbuang percuma.

Sayang, belum jelas kapan pedal with haptic feedback ini diluncurkan. [Ikh/Idr]

Temukan mobil idaman di Mobil123
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter
 



M Ikhsan

M Ikhsan

Pria ini sangat menyukai dunia otomotif karena sudah menjadi bagian hidupnya sejak kecil. Seperti para jurnalis otomotif lainnya, saya suka‬ pekerjaan yang mendetail dan suka dengan aktivitas outdoor yang penuh tantangan. Impian saya adalah mengoleksi supercar Italia, meski sekarang hanya bisa mengoleksi die cast. Tapi saya percaya suatu saat nanti, satu supercar akan terparkir di garasi rumah. ‎


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Chat Bantuan
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Chat Bantuan
Support