Bocoran Terbaru Rencana MPV Murah Hyundai Penantang Toyota Avanza

Berita Otomotif

Bocoran Terbaru Rencana MPV Murah Hyundai Penantang Toyota Avanza

JAKARTA – Hyundai terus mempersiapkan rencana produksi dan penjualan multi purpose vehicle (MPV) murah penantang Toyota Avanza di pasar Indonesia.

Sejak 2019 ,sudah diinformasikan kalau pabrik Hyundai di Cikarang, Bekasi yang kini dalam proses pembangunan juga bakal merakit MPV compact atau low MPV (LMPV) yang antara lain diisi Avanza. Kini, diberitahukan bahwa produksinya kelak dilakukan pada awal 2022.

“Agak susah menjawab mengenai MPV compact, nih, karena kami pada dasarnya punya beberapa MPV. Tapi, yang jelas kami nanti akan produksi di pabrik starting (dimulai) semua pada awal 2022. Hanya saja, kapan dan bulan berapa itu ada di product plan (perencanaan produk). Saya enggak bisa cerita dulu di sini,” papar Makmur selaku Chief Operating Officer PT. Hyundai Motors Indonesia (HMID) menanggapi pertanyaan Mobil123.com pada akhir pekan lalu dalam acara 'Hyundai Track Day' di Sirkuit Sentul, Bogor.

mobil listrik Hyundai Kona EV dan Ioniq

Sekadar mengingatkan, prinsipal Hyundai kini turun tangan langsung menangani bisnis di Indonesia lewat HMID, tidak lagi melalui distributor resmi. Bahkan, kantor regional Asia Pasifik mereka juga dipindahkan ke negeri ini.

Lewat HMID, merek asal Korea Selatan tersebut telah meluncurkan tiga model sejak mulai aktif di pasar pada 2020. Ada dua mobil listrik murni yaitu Ioniq serta Kona EV ditambah satu sport utility vehicle (SUV) full size bernama Palisade.

Hyundai Palisade

Adapun kapasitas produksi terpasang untuk pabrik yang sedang mereka bangun adalah 150 ribu unit per tahun. Hyundai sudah mempersiapkan total investasi USD 1,55 miliar (Rp 22,3 triliun, USD 1 = Rp 14.406,50) hingga 2030 untuk meningkatkannya lagi menjadi 250 ribu unit.

Makmur mengakui mobil – mobil dari merek Jepang Jepang amat menguasai segmen MPV compact atau LMPV ini. Akan tetapi, Hyundai menurutnya juga ‘pemain lama’ di percaturan otomotif dunia yang secara produk juga sudah diakui secara global.

“Nah, kalau mengenai yang ada di Indonesia, pasti masing – masing punya ciri khas dan strategi dan di situ lah letaknya kita lihat nanti dari product plan, strategi pemasaran, maupun strategi korporasi lainnya yang nanti kami persiapkan. Saya yakin, semua itu akan ada segmennya masing – masing,” pungkas Makmur.

Kehadiran beragam produk dari beragam merek, lanjut dia, bakal membuat konsumen ‘makin cerdas dalam memilih sesuai dengan kebutuhan mereka’.

“Ini sangat menarik, kalau menurut saya malah,” tandas mantan Sales Director PT. Suzuki Indomobil Sales tersebut. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar