BMW X7 Rakitan Indonesia Meluncur, Ada Fitur Semiotonom tapi Harga Turun

Mobil Baru

BMW X7 Rakitan Indonesia Meluncur, Ada Fitur Semiotonom tapi Harga Turun

JAKARTA – BMW X7 rakitan lokal meluncur di Indonesia dengan fitur lebih canggih. Namun, harga SUV termewah BMW ini turun ratusan juta rupiah.

X7 yang sebelumnya dijual di Indonesia adalah impor utuh (Completely Built-Up/CBU) dari Amerika Serikat. Tipenya xDrive40i Pure Drive.

Adapun X7 rakitan Indonesia yang meluncur secara virtual pada Rabu (24/2/2021) adalah tipe xDrive40i Opulence. Perlahan tapi pasti, BMW hanya akan menjual X7 tipe ini di pasar otomotif nasional.

“Kami akan fokus ke X7 CKD (Completely Knocked Down/rakitan dalam negeri). Setelah CKD masuk, yang CBU pelan-pelan kami setop. Tentu, masih ada beberapa stok tersisa untuk CBU. Tapi ke depannya kami akan fokus ke yang CKD,” ucap Bayu Riyanto selaku Vice President Sales and Network Development BMW Group Indonesia dalam konferensi pers via Zoom.

X7 rakitan lokal dengan tipe xDrive40i Opulence dijual seharga Rp 2,299 miliar off-the-road. Bedanya Rp 100 juta dengan yang versi CBU yang berbanderol Rp 2,399 miliar off-the-road.

BMW X7 Rakitan Indonesia Lebih Murah

Eksterior X7 rakitan BMW Production Network 2 Gaya Motor, Jakarta memiliki aksesoris Opulent  yang ditandai dengan sentuhan high-gloss chrome mulai dari fascia depan, ornamen air breather di samping, hingga garis high-gloss chrome di belakang yang menyatu dengan L-shape rear-lamp. Peleknya berbeda pula yaitu Y-spoke style 752 Bicolour berukuran 21 inci.

Lampu depan dipersenjatai BMW LaserLight yang menyatu dengan Kidney Grille terbesar dalam sejarah pabrikan tersebut. Di sektor buritan, X7 rakitan dalam negeri memiliki Split Tail-Gate. Ada pula tombol Max Cargo yang jika ditekan langsung melipat bangku baris ketiga.

Sorotan di kabin ditujukan pada BMW Live Cockpit Proffesional dengan Head-up Display, konektivitas nirkabel, Cup Holder dengan fungsi pendinginan dan pemanasan, Wireless Charging Pad, Crafted Clarity Package pada tuas transmisi, iDrive Controller. Ada pula 20 pengeras suara dari Bower & Wilkins Diamond, Panoramic Sunroof with Ambience Light, Rear Seat Entertainment berupa dua layar 10,2 inci.

BMW X7 Rakitan Indonesia di Pabrik Gaya Motor Jakarta

Fitur baru yang canggih untuk mobil ini adalah Adaptive Cruise Control with Stop and Go Function. Fitur semiotonom ini dipadukan dengan fitur – fitur keselamatan canggih seperti  Front Collision warning with brake intervention, Lane Departure Warning, Lane Change Warning, Rear crossing traffic warning and collision prevention, Parking Assistant Plus, Reversing Assistant, Surround (360’) View for Panorama and 3D view.

Dari sisi teknis, X7 rakitan Indonesia masih dimodal mesin bensin 3.0-liter TwinPowerTurbo berdaya 340 hp dan torsi 450 Nm dengan sistem penggerak empat roda. Akselerasi 0 – 100 km per jam hanya 6,1 detik dengan kecepatan puncak 245 km per jam. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar