BMW Tawarkan DP 0 Persen untuk Beberapa Model di GIIAS 2019

Berita Otomotif

BMW Tawarkan DP 0 Persen untuk Beberapa Model di GIIAS 2019

JAKARTA - BMW, bekerja sama dengan perusahaan pembiayaan, menghadirkan program uang muka (down payment/DP) 0 persen di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019.

GIIAS 2019 berlangsung pada 18 - 28 Juli, di Indonesia Convention Exhibition (ICE), Serpong, Tangerang. Ternyata, tidak hanya Toyota yang menawarkan program DP 0 persen, tapi juga BMW.

Di sela-sela preview All-New Seri 3 yang akan meluncur secara resmi dalam pameran otomotif tersebut, pabrikan asal Jerman ini mengumumkan program-program penjualan hasil kolaborasi dengan Maybank. Tawaran-tawaran spesial itu adalah buy back guarantee, DP 0 persen, bungan rendah, bunga 0 persen 1 tahun.

DP 0 persen tak disediakan bagi seluruh model. Adapun model-model yang mendapatkan program promosi ini adalah 320i Sport Shadow, 330i Edition M Sport Shadow 2018, 530i Luxury, X1 sDrive 18i xLine, serta X3 sDrive 20i NIK 2019.

Bayu Riyanto, Vice President Sales BMW Indonesia, mengakui bahwa program istimewa tersebut bukanlah benar-benar tanpa uang muka. Bentuknya mirip dengan program DP 0 persen yang umumnya ditawarkan perusahaan-perusahaan pembiayaan saat ini yaitu uang angsuran beberapa bulan awal langsung dibayarkan di depan.

“Sebetulnya kan ini bagian dari promosi dan kerja sama dari financial services, tentunya. Kalau kami sih penginnya benar-benar 0 persen. Tapi mereka punya pertimbangan kalkulasi yang lain. Kalau menurut saya sih pasti ada bedanya, tapi ada yang mirip, lah,” ujarnya menanggapi pertanyaan Mobil12.com pada Rabu (10/7/2019) di Serpong, Tangerang.

DP 0 persen dalam kredit pembiayaan kendaraan bermotor memang sudah diperbolehkan oleh Otoritas Jasa Keuangan sejak akhir 2018. Namun, persyaratannya adalah perusahaan pembiayaan yang memberikan harus memiliki non-performing loan (NPL) 1 persen atau di bawahnya.

Perusahaan-perusahaan pembiayaan sendiri masih hati-hati karena risiko kredit tanpa uang muka besar. Jika pun ada yang menerapkannya, kemungkinan lewat kerja sama dengan korporasi yang punya rekam jejak kerja sama baik atau sedikit konsumen terpilih.

BMW sendiri mengatakan ada tidaknya kredit tanpa uang muka di transaksi jual-beli mereka dengan konsumen tergantung dengan perusahaan pembiayaan yang menjadi partner.

“Semua tergantung financial partner kami. Tapi yang jelas sekarang ini menjaga NPL di bawah 2 persen adalah suatu hal yang tidak mudah. Mereka menjaga itu sedemikian rupa. Kami menyebutnya (DP 0 persen) sebagai kotak Pandora. Kalau itu dibuka dan jelas-jelas efeknya jelek buat bank atau leasing company, kan mereka sendiri yang problem,” tutur Bayu.

Ia mengklaim sebagian besar konsumen di BMW membayar tunai. Hanya 30 - 40 persen yang menggunakan jasa kredit. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia dan resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Support