BMW Sudah Sediakan 1 Bengkel untuk Calon Mobil Antipeluru Jokowi

Berita Otomotif

BMW Sudah Sediakan 1 Bengkel untuk Calon Mobil Antipeluru Jokowi

JAKARTA - BMW punya 1 bengkel yang punya spesialisasi menangani mobil-mobil anti peluru di Indonesia. Jika Joko Widodo memilih BMW sebagai mobil kepresidenan yang baru, servisnya pun akan dilakukan di sini.

Seperti diketahui, BMW saat ini sedang mengikuti tender mobil kepresidenan. Pesaing mereka hanya satu yaitu sesama pabrikan Jerman Mercedes-Benz. Fredy Handjaja, Chief Executive BMW Astra, mengatakan bahwa model yang ditawarkan adalah Seri 7.

“Tipenya adalah 750,” ujarnya menanggapi pertanyaan Mobil123.com ketika ditemui di Serpong, Tangerang pada Selasa (16/7/2019).

Mobil kepresidenan pastinya punya spesifikasi khusus dengan tingkat keamanan dan keselamatan yang tinggi. BMW menyebutnya sebagai high security saloon.

Tempat servis mobil-mobil seperti ini tentu tidak bisa dilakukan di sembarang bengkel resmi. Indonesia sudah mempunyai 1 bengkel resmi yang mampu menangani mobil-mobil jenis ini yaitu dealer BMW Astra Sunter.

“BMW Astra Sunter sudah ditunjuk secara resmi dan sudah diakui BMW Jerman untuk mengangani unit-unit antipeluru sejak 2003. Hingga saat ini, tempat itulah satu-satunya bengkel BMW di Indonesia yang menangani mobil antipeluru kami,” ucap Achmad Sudradjat, Kepala Bengkel BMW Astra Sunter.

Grup Astra hingga kini membawahi delapan dealer BMW di seluruh Tanah Air. Empat di antaranya terletak di Jakarta (Serpong, Cilandak, Pluit, Sunter) sementara empat lainnya ada di Semarang, Surabaya, Bali, Makassar.

Mobil-Mobil Kedutaan
Achmad menerangkan bahwa kebanyakan konsumen mobil antipeluru di Indonesia adalah kedutaan-kedutaan besar. Di antaranya ada Kedutaaan Besar Amerika Serikat, Kanada, Swedia.

“Sampai sekaran ini ada kurang-lebih 17 unit mobil antipeluru dari beberapa kedutaan,” pungkas dia.

Sebagian darinya mempunyai tingkat keamanan level 7. Tingkatan ini antara lain tahan senapan serbu AK-47 atau granat tangan.

Proses pengerjaan servis pun ketat. Data-data teknisi yang mengerjakan harus diberikan kepada kedutaan sebelumnya.

“Orang-orang yang ditunjuk dan termasuk saya harus kirim data seperti KTP, Kartu Keluarga,” tandasnya.

BMW Astra Sunter juga pernah menangani mobil kepresidenan zaman Megawati Soekarnoputri. Model yang dipakai adalah Seri 7 E38.

“Pengerjaannya dilakukan di dalam jeruji. Seperti penjara. Ada penjaganya dan orang-orang yang punya izin pun tiap keluar-masuk akan ditanya lagi,” tutup Achmad. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar