Bukti Bahwa BMW Serius Ingin Rusak Pasar Harley-Davidson

Berita Otomotif

Bukti Bahwa BMW Serius Ingin Rusak Pasar Harley-Davidson

JAKARTA – BMW Motorrad kembali meluncurkan kuda besi terbarunya yakni R18 B yang bergaya Bagger layaknya sebuah Harley-Davidson (HD).

Setelah menghadirkan R18 untuk pertama kalinya pada tahun lalu, BMW Motorrad sudah mengibarkan bendera perang bagi HD. Sebab, secara spesifikasi, kedua motor bertarung di pasar yang sama.

Manufaktur asal Jerman tersebut juga menambahkan varian baru R18 dengan memperkenalkan R18 Classic dan R18 First Edition. Masih belum puas, BMW Motorrad menawarkan R18 B yang merupakan keluarga baru R18.

Huruf B di belakang merupakan inisial dari Bagger yang selama ini hanya ‘dimainkan’ oleh Harley-Davidson. Ketimbang dua varian sebelumnya, versi B ini memiliki banyak perbedaan, terutama dari segi tampilan.

Perbedaan paling kentara bisa dilihat pada lampu depan yang disandingkan dengan fairing besar ala bagger. Lalu di belakang terdapat panniers yang bentuknya mengikuti lekuk bodi motor.

Perpaduan bodi motor dengan panniers kanan maupun kiri dipercantik lagi dengan knalpot memanjang. Bentuk knalpot ini sebenarnya sama dengan dua edisi sebelumnya, tapi kali ini terlihat lebih ciamik.
BMW R18 B in

Pada bagian roda, R18 B menggunakan velg berbahan alloy sehingga bisa disematkan ban tubeless. Berbeda dengan dua versi sebelumnya yang menggunakan velg jari-jari.

Dari sisi pengendara, motor ini menawarkan kokpit yang futuristik dengan layar paner meter LCD berukuran besar. Monitor tersebut memiliki fitur konektivitas bluetooth untuk menjalankan fungsi navigasi.

Layar tersebut juga menampilkan musik pilihan yang sedang diputar, lalu suaranya dihasilkan oleh speaker Marshall.

Selain itu, terpasang pula panel meter yang menampilkan berbagai informasi seputar kendaraan seperti mesin dan perangkat kelistrikan.
BMW R18 B dw

Di samping semua perbedaan tersebut, motor ini tetap menggunakan mesin yang sama.

Sumber daya kendaraan ini memiliki kapasitas 1.802 cc boxer-twin. Mesin ini mampu menghasilkan daya maksimum sebesar 89.9 hp dengan torsi puncaknya mencapai 158 Nm.

BMW R18 B ditawarkan dalam 4 pilihan warna yakni Classic Black and pin striping, Black Strom Metallic, Manhattan Metallic Matte dan glitzy Option 719. [Dew/Ses]



Denny Basudewa

Denny Basudewa

Cowok kelahiran Bogor, Jawa Barat ini gemar mendalami seluk beluk dunia otomotif. Dunia jurnalistik telah menjadi passion hidupnya sehingga ingin terus memberikan informasi seputar otomotif pada masyarakat.


Berita Utama


Komentar