BMW Tunggu Kabar dari Jokowi Soal Tender Mobil Kepresidenan

Berita Otomotif

BMW Tunggu Kabar dari Jokowi Soal Tender Mobil Kepresidenan

TANGERANG - BMW saat ini menunggu kabar dari pemerintahan Presiden Joko Widodo mengenai tender mobil Kepresidenan yang mereka ikuti.

Seperti banyak diberitakan, Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg) saat ini sedang membuka tender mobil kepresidenan periode 2019 - 2024. Mobil tersebut akan menggantikan Mercedes-Benz S600 Pullman Guard yang saat ini masih dipakai Jokowi.

Tender hanya diikuti oleh dua merek premium Eropa. Keduanya adalah musuh bebuyutan di pasar mobil mewah global yakni BMW dan Mercedes-Benz.

Bayu Riyanto, Vice Presiden of Sales BMW Indonesia, mengatakan bahwa mereka sudah memberikan dokumen-dokumen seperti data spesifikasi model yang mereka ajukan. Kini, menurut dia, pabrikan asal Jerman itu sedang menanti panggilan lebih lanjut pemerintah.

“Kami sudah memberikan informasi yang diminta oleh Kemensetneg dan kami menunggu. Kalau memang ada panggilan untuk diskusi lebih lanjut. Kami siap. Kalau tidak, ya, kami akan terus coba lagi,” tukasnya di sela-sela Media Preview All-New Seri 3 pada Rabu (10/7/2019) di Serpong, Tangerang.

Kemensetneg nantinya memberikan waktu 7 bulan untuk mendistribusikan mobil kepresidenan bagi merek yang terpilih. BMW mengakui siap memenuhi tenggang waktu yang ditentukan.

“Harusnya bisa dan enggak ada masalah,” tukas Bayu.

Sayangnya, model yang diikutsertakan masih ditutup rapat-rapat oleh BMW. Begitu pula dengan harga jualnya.

“Saya enggak bisa ungkap. Tipenya apa enggak bisa. Apalagi harga,” pungkasnya lagi.

Namun, jika bermain asumsi, sepertinya model tersebut adalah sedan khususnya Seri 7. Pasalnya, mobil kepresidenan masih amat lekat dengan jenis kendaraan ini. Seri 7 juga merupakan sedan termewah BMW, setara dengan S-Class yang kini sedang digunakan oleh Jokowi.

Kabar yang beredar pun mengatakan bahwa Seri 7 yang diajukan BMW kepada Jokowi. Siapapun pemenangnya kelak, mobil kepresidenan tersebut bakal menemani Jokowi di periode terakhirnya sebagai presiden. Seperti diketahui, konstitusi hanya memperbolehkan seseorang menjabat sebagai presiden dua kali berturut-turut.

Jika membandingkan, Mercedes-Bens lebih banyak dipakai oleh para pemimpin negara ketimbang BMW. Hal ini tak dibantah oleh BMW.

Kalau menurut Anda, mana yang lebih cocok. Mercedes-Benz S-Class atau BMW Seri 7?. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia dan resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Support