BMW M 1000 RR Buat yang Doyan Ngebut

Berita Otomotif

BMW M 1000 RR Buat yang Doyan Ngebut

MUNICH – BMW Motorrad meluncurkan M 1000 RR yang menggunakan basis dari S 1000 RR.

BMW M 1000 RR menjadi motor pertama dari pabrikan asal Jerman tersebut yang ditempelkan label M. Seperti diketahui bahwa label M biasa diterapkan pada produk-produk berperforma mobil-mobil BMW.

Untuk sepedamotor, biasanya the Bavarian menggunakan label R atau RR yang menggambarkan sebagai unit berperforma. Setidaknya butuh waktu selama 2 tahun bagi BMW Motorrad untuk mengembangkan S 1000 RR menjadi M 1000 RR.

Dalam pengembangannya, BMW M 1000 RR fokus pada performa sehingga tenaga dan torsinya lebih besar daripada S 1000 RR. Mesinnya berkapasitas 999 cc 4-silinder segaris DOHC berpendingin cairan.

Motor ini memiliki bore x stroke  80 mm x 49.7 mm yang dipercaya mampu menghasilkan daya 205 hp pada 13.000 rpm. Sementara torsi puncaknya sebesar 113 Nm pada 11.000 rpm. Rasio kompresi pada kendaraan ini dikatakan mencapai 13.3:1.

Untuk mengatur kinerja mesin, motor ini telah dilengkapi dengan sistem electronic fuel injection, ride-by-wire throttle, variable intake dan knock sensor. Lebih jauh katup atau biasa dikenal valve menggunakan material titanium.
BMW M 1000 RR
Meskipun menggunakan mesin yang sama dengan S 1000 RR, namun beberapa komponen ditingkatkan lagi untuk lebih mendongkrak performa kendaraan. Salah satunya adalanya valve titanium yang disebutkan di atas dan piston baru yang memiliki dua ring buatan Mahle.

Selain itu, disematkan rocker arm lebih ramping dan ringan, port intake yang sepenuhnya dirancang dengan geometri saluran baru, serta optimalisasi pada camshaft dan area intake. Sistem knalpot yang ringan juga terbuat dari titanium.

Panel isntrumen pada M 1000 RR secara keseluruhan memiliki basis desain yang serupa, dengan RR dengan animasi M saat kunci dinyalakan. Tersedia paket opsional berupa kode aktivasi (konten paket kompetisi M), dapat digunakan untuk menyediakan materi data yang komprehensif untuk penggunaan M GPS laptrigger dan M GPS data logger (Original BMW Motorrad Accessories) melalui antarmuka OBD cluster instrumen. [Dew/Ari]



Denny Basudewa

Denny Basudewa

Cowok kelahiran Bogor, Jawa Barat ini gemar mendalami seluk beluk dunia otomotif. Dunia jurnalistik telah menjadi passion hidupnya sehingga ingin terus memberikan informasi seputar otomotif pada masyarakat.


Berita Utama

Xpander Edisi Khusus yang Makin Greget

Xpander Edisi Khusus yang Makin Greget

Video
Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia meluncurkan Xpander Black Edition dan Xpander Cross Rockfort Fosgate Black Edition yang tampil lebih ...

Komentar