BMW Luncurkan Lebih dari 1 Mobil Listrik di Indonesia Tahun Depan

Berita Otomotif

BMW Luncurkan Lebih dari 1 Mobil Listrik di Indonesia Tahun Depan

JAKARTA – BMW berencana meluncurkan lebih dari satu mobil listrik di Indonesia tahun depan. Mereka juga sudah memberikan sedikit bocoran mengenai model – modelnya.

BMW sejauh ini telah merilis dan menjual tiga mobil listrik di Tanah Air. Dua di antaranya adalah plug-in hybrid electric vehicle (PHEV) i8 Coupe dan i8 Roadster yang hadir pada 2016 serta 2018.

Satu sisanya merupakan mobil listrik murni i3s yang diperkenalkan pada 2019. City car nihil emisi gas buang ini sekaligus menjadi mobil listrik murni pertama yang dijual di Nusantara.


Pada 2020, BMW sebenarnya ingin pula melepas mobil listrik baru. Akan tetapi, rencana peluncuran model PHEV tersebut harus tertunda hingga 2021 karena pandemi virus Corona (Covid-19).

Karena itulah, menurut Jodie O’Tania selaku Communication Director BMW Group Indonesia, tahun depan Indonesia akan kedatangan lebih dari satu mobil listrik. Semua model tersebut mengusung teknologi PHEV, bukan mobil listrik murni seperti i3s.

“Untuk yang listrik murni, kami sudah punya i3s. Sampai sekarang (masih dijual). Jadi kalau konsumen mau beli, tetap ada modelnya. Untuk yang PHEV kami hadirkan model-modelnya tahun depan,” ucap dia di sela-sela test drive All-New BMW Seri 3 pada awal Desember 2020 dengan rute Jakarta – Bogor.

Indonesia memang akan segera memasuki era mobil serta sepeda motor listrik, mulai dari yang hybrid, PHEV, sampai 100 persen baterai. ‘Gongnya’ adalah pemberlakuan insentif fiskal dan nonfiskal mulai Oktober 2021, seperti diinstruksikan oleh Peraturan Presiden Nomor 55 Tahun 2019.


Pemerintah berharap, segala insentif tersebut akan membuat harga kendaraan listrik berbasis baterai lebih terjangkau. Dengan begitu, pasar maupun industrinya akan terbentuk di dalam negeri.

Regulator sudah mencanangkan bahwa pada 2025, 20 persen kendaraan yang diproduksi lokal adalah yang berteknologi listrik. Target ini berlaku bagi mobil maupun motor.

Pabrikan – pabrikan mulai merespons kebijakan pemerintah sejak sebelum insentif diberlakukan. Sejak 2019, makin banyak mobil hybrid, PHEV, serta mobil listrik murni yang hadir di pasar.


Mobil hybrid termurah saat ini adalah Nissan Kicks e-Power yang meluncur pada 2020. Harga on-the-road (OTR) Jakartanya tak sampai Rp 450 juta.

Sebelumnya, status tersebut dipegang oleh Toyota Corolla Cross yang muncul beberapa bulan lebih cepat. Harga OTR Jakartanya masih di bawah Rp 500 juta.


Sementara itu, mobil listrik murni termurah datang dari Hyundai yakni Ioniq plus Kona EV. Harga OTR Jakarta keduanya ‘hanya’ Rp 600 jutaan. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar