BMW Ingin Lebih Agresif Hadirkan Mobil Listrik di Indonesia Mulai 2020

Berita Otomotif

BMW Ingin Lebih Agresif Hadirkan Mobil Listrik di Indonesia Mulai 2020

JAKARTA - BMW berencana agresif meluncurkan mobil hybrid, khususnya yang berteknologi plug-in hybrid electric vehicle (PHEV), di Indonesia mulai tahun depan. Tapi, ada satu syarat penting yang harus ada sebelum rencana itu dapat dieksekusi.

Jodie O’Tania, Vice President BMW Group Indonesia, mengakui bahwa pihaknya ingin mulai meluncurkan model-model PHEV yang lebih ‘membumi’ secara harga mulai 2020. Adapun rincian model maupun jumlahnya belum dapat dibeberkan.

“(Syaratnya) apabila didukung regulasi yang sesuai,” ucap dia meladeni pertanyaan Mobil123.com usai peluncuran All-New BMW X5, beberapa waktu lalu di Jakarta.

Pabrikan otomotif yang berpusat di Munchen, Jerman ini mengklaim sebagai yang pertama meluncurkan PHEV di Tanah Air. Mereka melakukannya lewat i8 Coupe pada 2016, setelah sempat membawanya sebagai mobil eksebisi di pameran otomotif pada 2014.

Varian lain model tersebut yaitu i8 Roadster menyusul pada 2018. Pada tahun ini, BMW berencana merilis mobil listrik murni yang hampir pasti adalah i3.

Pemerintah Indonesia sendiri sedang berupaya menciptakan pasar mobil berteknologi ramah lingkungan lewat regulasi low carbon emission (LCEV). Aturan yang antara lain berisi insentif pajak bagi mobil hybrid maupun listrik murni itu diekspektasikan terbit pada April ini.

Namun, untuk mendapatkan insentif, ada ketentuan produksi lokal dalam jangka waktu tertentu. Rencananya adalah pula ketentuan-ketentuan lain seperti syarat konten komponen lokal minimal.

Detail poin per poin di dalam aturan lah yang ditunggu-tunggu oleh BMW. Menurut Jodie, ketika regulasi mereka nilai bisa menurunkan harga jual sesuai kebutuhan pelanggan, mereka bakal lebih agresif.

“Nantinya kan ada beberapa turunan peraturan yang kami belum tahu apakah bisa memenuhi syarat itu atau tidak karena kalau bicara mengenai produksi lokal kami juga harus berpikir skala bisnisnya, apakah itu menguntungkan untuk BMW,” papar Jodie.

Bukan cuma BMW yang menunggu regulasi LCEV dirilis. Hampir semua pemain di industri otomotif nasional menantikannya.

Mereka sejak beberapa tahun ini sudah mengungkap model-model yang disiapkan untuk Indonesia dengan memanfaatkan insentif pajak itu. Bahkan, Toyota C-HR hybrid akan meluncur 22 April nanti dan mobil listrik murni Nissan Leaf digaransi mengaspal di negeri ini pada 2020. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia dan resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Support