BMW Indonesia Berambisi Tendang Mercedes-Benz dari Takhta

Berita Otomotif

BMW Indonesia Berambisi Tendang Mercedes-Benz dari Takhta

JAKARTA - BMW mengatakan bahwa mereka memiliki ambisi mengalahkan Mercedes-Benz di Indonesia.

Sudah bukan rahasia lagi, Mercedes-Benz dan BMW adalah dua seteru berat di jagad otomotif global yang masing-masing berada di posisi satu dan dua. Mereka bahkan tak segan saling menyindir atau memberikan komentar pedas.

Misalnya saja ketika BMW merayakan ulang tahun ke-100 pada 2016. Iklan ucapan selamat ulang tahun dari Mercedes awalnya terasa ramah dengan memperlihatkan grille depan khas BMW, tapi kemudian diakhir kata-kata cukup tajam.

“Terima kasih untuk 100 tahun persaingan. 30 tahun sebelumnya terasa sedikit membosankan,” ucap merek yang pada 2016 berusia 130 tahun tersebut, diakhiri logo khas ‘Three Pointed Star’.

Di Indonesia sendiri saat ini agak sulit mengetahui seberapa besar penjualan Mercedes-Benz. Pasalnya, angka penjualan mereka tidak ada di data resmi Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) yang dirilis tiap bulan karena Mercedes-Benz telah keluar dari keanggotaan organisasi tersebut sejak awal 2018 akibat menolak memberikan laporan transaksi jual-beli.

Mercedes-Benz juga tidak selalu bersedia membeberkannya ke hadapan media massa. Tapi, BMW mengakui dengan jantan bahwa Mercedes hingga detik ini masih berada di takhta merek mobil mewah terlaris di Indonesia. Adapun BMW berada di peringkat kedua.

BMW menegaskan tak ingin selamanya ada di posisi tersebut. Mereka mengaku ingin pula menjadi nomor satu.

“Yang jelas, setiap merek pasti ingin menjadi nomor satu. Kami juga dalam arah ke sana yaitu menjadi nomor satu. Kami juga pasti akan berusaha dan punya upaya sama untuk menjadikan BMW merek premium nomor satu di Indonesia,” ucap Bayu Riyanto, Vice President Sales BMW Group Indonesia menanggapi pertanyaan Mobil123.com usai peluncuran New X1 pada Jumat (1/11/2019) di Jakarta.

Unggul di Beberapa Segmen
Bayu menjelaskan ‘untuk sementara ini’ BMW baru mengungguli Mercedes di beberapa segmen. Salah satu segmen yang dimenangkan oleh BMW adalah entry-level SUV premium yang antara lain berisi X1 serta Mercedes-Benz GLA.

“X1 juara di segmennya. X5 kami juga juara di segmennya,” ujar Bayu yang kemudian menyebut keduanya unggul dengan ‘angka absolut’.

Bayu berharap strategi perencanaan produk mereka di Indonesia pada masa depan dapat membuat Mercedes-Benz tersingkir dari posisi nomor wahid.

“Mudah-mudahan dengan adanya produk-produk baru nanti kami bisa memenangkan di semua segmen dan akhirnya menjadi merek premium nomor satu di Indonesia,” tutup dia. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia dan resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Support