Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

BMW i8: Sports Car Ringan dan 'Hijau'

Berita Otomotif

BMW i8: Sports Car Ringan dan 'Hijau'

IIMS 2014 - BMW i8 menggabungkan sistem penggerak plug-in hybrid dengan sebuah sel penumpang dari plastik yang diperkuat dengan serat karbon (CFRP), serta bingkai aluminium untuk mesin bensin dan motor listrik,  baterai dan suspensi. Anda dapat melihatnya di Indonesia International Motor Show 2014.

BMW mengklaim  BMW i8 adalah sports car pertama di dunia yang dibangun dengan dasar keberlanjutan di semua prosesnya. Kendaraan dengan kursi 2+2 ini memiliki panjang 4,689mm, lebar 1,942mm dan tinggi 1,297mm (termasuk fin di bagian atap).

Karakter dinamis dari BMW i8 juga tercermin dari kap mesin panjang, fitur aerodinamis yang terlihat jelas, garis atap terbentang, overhang pendek serta jarak sumbu-roda panjang 2,800mm. Track roda lebar (1,644mm di depan, 1,721mm di belakang).

Karena CFRP 50% lebih ringan dari baja namun lima kali lebih kuat, bahan ini merupakan material paling ringan yang tersedia dan dapat digunakan dalam konstruksi tubuh kendaraan dengan tingkat keselamatan tinggi. Di sisi lain, lapisan luar dari BMW i8 terbuat dari polimer termoplastik, bobotnya setengah lebih ringan dari baja lembaran dan menyediakan perlindungan permukaan bebas korosi, bahan ini juga tahan terhadap kerusakan minor.

Berat kosong BMW i8 adalah 1.485 kilogram, dan arsitektur LifeDrive memiliki efek positif pada bagaimana berat ini didistribusikan. Teknologi sistem penggerak BMW eDrive yang canggih, sebuah mesin bensin turbo 1.5-liter dan teknologi BMW TwinPower Turbo, serta manajemen energi yang cerdas semua bersatu untuk membentuk sebuah konsep keseluruhan yang merupakan tolok ukur baru dalam strategi pengembangan konsep Efficient Dynamics.

Mesin pembakaran tiga-silinder pada BMW i8 baru menghasilkan 231 hp dan menggerakkan roda belakang, sedangkan motor listrik 131 hp menarik energi dari baterai lithium-ion, yang dapat diisi dari soket listrik domestik konvensional, dan mengirimkan tenaganya ke poros roda depan.

Sistem plug-in hybrid yang disesuaikan secara khusus, dikembangkan dan diproduksi oleh BMW Group, memungkinkan kendaraan untuk menempuh jarak hingga 37 km dengan hanya menggunakan tenaga listrik pada kecepatan 120 kpj.

Baterai di mobil ini diposisikan rendah di dalam posisi sentral, yang membantu memberikan kendaraan ini pusat gravitasi rendah, hal ini juga meningkatkan tingkat keselamatan. Pusat gravitasi dari BMW i8 kurang dari 460mm dari tanah, sehingga lebih rendah daripada semua model BMW Group lainnya yang ada saat ini. Hal ini, bersama dengan distribusi berat kendaraan 50:50, menjamin kendaraan mudah dikendalikan.

BMW i8 bergerak dari 0 sampai 100 km/jam dalam hanya 4,4 detik, konsumsi bahan bakar gabungan 47.6 km/l. Emisi CO2 adalah 49 gram/km. [Syu/Idr]

Temukan mobil idaman di Mobil123.
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter.



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang