BMW, Daimler dan VW Kerjasama Bangun Pengisian Energi untuk Mobil Listrik

Berita Otomotif

BMW, Daimler dan VW Kerjasama Bangun Pengisian Energi untuk Mobil Listrik

STUTGART – Perkembangan kendaraan listrik belakangan ini membuat produsen kendaraan semakin fokus untuk mengembangkan mobil listrik.

Untuk itu, BMW Group, Daimler AG, Ford Motor Company dan Volkswagen Group bersama dengan Audi dan Porsche menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) untuk membuat jaringan pengisian berdaya tinggi di Eropa.

Tujuannya adalah untuk membangun dengan cepat sejumlah stasiun yang cukup banyak untuk memungkinkan perjalanan jarak jauh bagi para pengemudi battery electric vehicle. Ini akan menjadi langkah penting untuk memfasilitasi pasar masal adopsi BEV.

Jaringan pengisian berdaya tinggi ultra-fast dengan peningkatan tenaga hingga 350 kW akan secara signifikan lebih cepat daripada sistem pengisian tercepat sekalipun yang telah ada saat ini. Pembangunan direncanakan akan dimulai pada tahun 2017. Target awal sebanyak 400 spot  di Eropa. Pada tahun 2020 pelanggan sudah harus memiliki akses terhadap ribuan spot pengisian berdaya tinggi ini.

Tujuannya adalah untuk memungkinkan perjalanan jauh melalui jaringan terbuka stasiun pengisian sepanjang jalan tol dan jalan utama yang belum memungkinkan bagi kebanyakan pengemudi BEV hingga saat ini. Pengalaman pengisian diharapkan untuk berkembang menjadi senyaman pengisian bahan bakar di SPBU biasa.

Jaringan akan didasarkan pada teknologi standar Combined Charging System (CCS). Infrastruktur pengisian direncanakan memperluas standar teknis yang ada bagi penigisian AC dan DC kendaraan listrik ke kapasitas lebih besar untuk pengisian cepat DC hingga 350 kW.

Nantinya, BEV dibuat untuk menerima tenaga penuh dari stasiun pengisian secara brand-independent  Jaringan ini dimaksudkan untuk melayani semua kendaraan yang dilengkapi dengan CCS untuk memfasilitasi adopsi BEV di Eropa. . [Adi/Ari]

Temukan mobil idaman di Mobil123       
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter

 

 



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual