BMW Akui Lakukan Penyesuaian Fitur Terhadap Mobil Rakitan Lokal

Berita Otomotif

BMW Akui Lakukan Penyesuaian Fitur Terhadap Mobil Rakitan Lokal

JAKARTA - BMW Group Indonesia mengakui bahwa mobil-mobil rakitan Indonesia memiliki beberapa perbedaan bila dibandingkan dengan versi CBU.

Meski berbeda dan bahkan cenderung berkurang fitur-fiturnya, BMW Group Indonesia mengklaim bahwa pengurangan tersebut tidak dilakukan sembarangan. Sejumlah riset akan dilakukan agar pelanggan tidak mengalami kerugian.

“Mobil yang dirakit lokal sudah disesuaikan spesifikasi dengan kebutuhan pelanggan. Kami sudah melakukan riset terlebih dahulu sehingga semua mobil BMW lokal itu fitur-fiturnya sudah ideal,” tutur Jodie O’tania, Vice President of Corporate Communications BMW Group Indonesia.

Beberapa fitur hilang tersebut di antaranya adalah pengatur suhu yang langsung di arahkan ke tempat duduk. Dihilangkannya fitur tersebut karena dianggap kurang berguna di Indonesia yang memiliki iklim tropis. Pengurangan fitur tersebut pun berdampak positif pada harga jual yang menjadi lebih kompetitif.

“Dengan demikian maka spesifikasi mobil BMW di Indonesia memang sudah sudah ideal. Fitur dan harga cocok dengan warga Indonesia,” tambah Jodie.

Salah satu mobil yang dirakit di Indonesia adalah BMW X3 dan telah diluncurkan sejak bulan April lalu. Dengan dirakit lokal maka waktu tunggu pelanggan akan menjadi lebih cepat ketimbang harus menunggu CBU dari luar negeri.

Terkait dengan kualitas, Ary Mariano, Presiden Direktur PT Gaya Motor menegaskan bahwa kualitas kendaraan tetap terjaga. Hal ini karena pabrik Gaya Motor sudah diisi dengan fasilitas dan SDM yang memadai.

“Kami mengirimkan beberapa SDM kami untuk belajar langsung ke luar negeri. Mereka dilatih selama sekitar satu bulan sehingga kualitas pengerjaan sudah terjamin,” pungkasnya. [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Chat Bantuan
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Chat Bantuan
Support