BMW i3, Hatchback Bertenaga Listrik Siap Dijual di Indonesia

Berita Otomotif

BMW i3, Hatchback Bertenaga Listrik Siap Dijual di Indonesia

JAKARTA – BMW memastikan bakal meluncurkan mobil listrik murni pada 2019. Hampir bisa dipastikan bahwa yang mereka maksud adalah i3.

Sejak Desember tahun lalu, pabrikan asal Jerman tersebut sebenarnya sudah mengatakan bahwa mereka bakal merilis mobil listrik pada 2019. Namun, ketika itu BMW belum merincikan apakah itu mobil listrik murni atau kombinasi seperti hybrid atau plug-in hybrid electric vehicle (PHEV).

Kini, kompetitor abadi Mercedes-Benz ini akhirnya membeberkan bahwa yang mereka maksud bukan hybrid atau PHEV.

“Pada tahun ini kami akan menghadirkan mobil listrik murni dari BMW,” ucap Jodie O’Tania, Vice President Corporate Communications BMW Group Indonesia usai seremoni peluncuran All-New BMW X5 pada Kamis (11/4/2019) di Thamrin, Jakarta.

Bicara PHEV, BMW punya banyak sekali opsi model. Akan tetapi, bicara mobil listrik murni, mereka hingga kini hanya punya i3.

Karena itu, bisa dikatakan bahwa ada 99 persen kemungkinan i3 yang nantinya dibawa. Kekurangan 1 persen sisanya hanyalah karena Jodie masih menolak mengakui ketika Mobil123.com mencoba meminta konfirmasi.

Mobil listrik murni yang nanti diluncurkan akan dijual secara impor utuh (Completely Built-Up/CBU). Jumlah unitnya di Indonesia pun terbatas.

“Untuk pertama, jumlahnya puluhan unit,” ujar Jodie.

Mobil ini, menurut dia, menargetkan orang-orang yang sudah berpikiran maju dan telah sadar untuk memiliki gaya hidup ramah lingkungan. Para pembelinya akan dibuatkan stasiun pengisi daya baterai di rumah oleh BMW.

“Sudah dilengkapi satu paket dengan stasiun pengisian daya untuk di rumah,” tandasnya.

BMW mengklaim sebagai merek otomotif pertama yang meluncurkan kendaraan PHEV di Indonesia. Hal itu terjadi pada 2016, ketika mereka menerjunkan BMW i8 Coupe, setelah memajangnya sebagai mobil eksebisi di Indonesia International Motor Show (IIMS) 2014.

Pada 2018, dalam pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS), giliran i8 Roadster yang diimpor CBU ke negeri ini. Mereka pun membangun dua dealer yang bisa melayani pembelian plus purnajual mobil listrik di Serpong, Tangerang serta Tebet, Jakarta.

Terakhir, mereka bekerja sama dengan PLN dan Pertamina untuk persiapan pembangunan infrastruktur pengecasan baterai yang memadai untuk BMW. Salah satu fasilitas yang sudah tersedia adalah di SPBU Pertamina Kuningan, Jakarta.

“Kami selalu mempertahankan komitmen (mengenai mobil listrik di Indonesia) dan terus melakukan kegiatan dari 2014 sampai saat ini,” tutup Jodie. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia dan resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Support