Bikin Toyota Avanza Lolos Uji Emisi Modal Hanya Rp 60 Ribu

Berita Otomotif

Bikin Toyota Avanza Lolos Uji Emisi Modal Hanya Rp 60 Ribu

JAKARTA - Para pemilik mobil khususnya Toyota Avanza yang ingin melakukan uji emisi tak perlu was-was karena biayanya tidak menguras kantung. Yang terpenting mobil harus selalu terawat agar bisa lolos dengan mudah dan murah.

Seperti diketahui bahwa Jakarta mulai mengetatkan aturan uji emisi gas buang kendaraan baik roda dua maupun roda empat. Hal ini dilakukan guna mengendalikan polusi udara khususnya di wilayah Jakarta.

Para pemilik kendaraan terutama yang berusia lebih dari 3 tahun, wajib melakukan uji emisi sesuai Peraturan Gubernur (Pergub) DKI Jakarta Nomor 66 tahun 2020. Adapun jika kendaraan yang tidak menaati aturan tersebut di atas, maka dihadapkan dengan sanksi mulai 24 Januari 2021.

Pada dasarnya uji emisi kendaraan berkaitan dengan perawatan mesin secara berkala. Pemilik kendaraan yang rutin melakukan perawatan, tidak perlu khawatir karena hampir bisa dipastikan lolos uji emisi.

Namun pertanyaannya, bagaimana jika kendaraan yang tidak lolos uji emisi? Berapa biaya yang dibutuhkan untuk membuat kendaraan dalam hal ini Toyota Avanza keluaran pertama hingga 2017 (wajib uji emisi).
uji emisi toyota avanza
Sejatinya uji emisi adalah mengukur gas buang hasil pembakaran. Kendaraan yang mesinnya terawat seperti rutin mengganti oli, filter udara, filter oli hingga servis injeksi, tidak akan mendapati hasil uji emisi yang jelek. Oli mesin jika menurut rekomendasi pabrikan, harus rutin diganti setiap 5 ribu kilometer (10 ribu untuk kendaraan baru), filter oli wajib diganti setelah dua kali mengganti oli mesin. lalu servis injeksi pada umumnya di bengkel hanya dilakukan penyemprotan saja.

Sekadar informasi, proses perawatan kendaraan di atas merupakan standar dari bengkel resmi. Untuk kendaraan yang sudah habis masa garansi, maka rutinitas tersebut perlu untuk dipertahankan agar kondisi mesin selalu prima.

Jimmy Lukita selaku penggawa bengkel FJ Motorsport mengatakan bahwa perbaikan untuk Toyota Avanza lawas, hanya membutuhkan biaya Rp 60 ribu saja. Ia mengatakan bahwa pengerjaannya cukup simpel dan tidak membutuhkan waktu lama.

“Biayanya Rp 60.000. Langkahnya mesin di service, lalu filter-filter dibersihkan sampai dapat hasil yang dibutuhkan,” ungkap Jimmy kepada Mobil123.com (07/01/2020).

Namun cara tersebut bukanlah hal yang mutlak untuk bisa lolos dari uji emisi. Dalam hal ini jika mesin tidak terawat, maka diperlukan langkah lebih serius untuk bisa lolos dari uji emisi. Salah satunya adalah carbon clean. Untuk proses satu ini, Ia memasang tarif sebesar Rp 400 ribu untuk kendaraan bermesin 4-silinder.

Seperti diketahui Toyota Avanza menggunakan mesin 4-silinder 1.5-liter. Carbon clean akan merontokkan kerak dalam ruang bakar sehingga bisa menghasilkan gas buang yang lebih bersih. [Dew/Ari]



Denny Basudewa

Denny Basudewa

Cowok kelahiran Bogor, Jawa Barat ini gemar mendalami seluk beluk dunia otomotif. Dunia jurnalistik telah menjadi passion hidupnya sehingga ingin terus memberikan informasi seputar otomotif pada masyarakat.


Berita Utama


Komentar