Berubah Total, All New Honda BR-V Diyakini Bisa Laku 40 Ribu Unit

Berita Otomotif

Berubah Total, All New Honda BR-V Diyakini Bisa Laku 40 Ribu Unit

JAKARTA – Penjualan All New Honda BR-V di Indonesia dipercaya akan naik luar biasa signifikan, berkat perubahan modelnya yang sangat banyak.

All New BR-V resmi meluncur di Indonesia pada 21 September 2021 kemarin lewat seremoni yang digelar secara virtual. Acara tersebut sekaligus menjadi debut global perdana dari sport utility vehicle (SUV) yang berubah total ini.

Akan tetapi, produksi massal All New BR-V baru akan dilakukan akhir 2021. Kemudian, distribusi kepada konsumen berlangsung mulai Januari 2022.

Alasan itulah yang membuat Honda baru memberikan estimasi harga terendahnya, yakni sekitar Rp260 juta.

Business Innovation, Sales, and Marketing Director PT. Honda Prospect Motor (HPM) Yusak Billy percaya All New BR-V dapat laku beberapa puluh ribu unit dalam setahun, ketika mulai dijual pada 2022.

All New Honda BR-V

“Target penjualan model ini 40 ribu unit sepanjang 2022. Tentunya ini akan terus disesuaikan dengan kondisi pasar, kemampuan kapasitas produksi kami, dan permintaan konsumen,” papar Billy dalam konferensi pers virtual via Zoom.

Artinya, kalau dibagi 12 bulan, All New BR-V setiap bulan diwajibkan laku paling tidak di kisaran 3.333 unit. Kalau melihat performa BR-V generasi pertama sepanjang Januari-Agustus 2021 kemarin, terdapat peningkatan target yang amat besar.

Berdasarkan data penjualan bulanan dari Honda, total penjualan retail (distribusi dari diler ke konsumen) untuk BR-V generasi pertama sepanjang delapan bulan 2021 cuma 1.597 unit. Dengan demikian, secara rata-rata, tak sampai 200 unit—tepatnya sekitar 199,6 unit—per bulan.

Kalau dikalkulasikan, peningkatan penjualan yang ditargetkan untuk All New BR-V mencapai lebih dari 1.574 persen jika dibandingkan performa saat ini.

Honda BR-V generasi kedua

All New BR-V sendiri mendapatkan pembaruan dari sisi platform, desain, mesin, transmisi, sampai dengan fitur. Desain anyarnya yang berkonsep Jetliner Cross membuat tampilan BR-V sekarang makin terlihat seperti sebuah SUV kelas atas.

Mesin bensinnya, walau masih berkapasitas 1.5-liter, sudah menggunakan i-VTEC DOHC dan bukan lagi SOHC. Mesin maupun transmisinya sama dengan yang digunakan di Honda City hatchback RS.

Fitur-fitur All New BR-V sekarang menjadi canggih. Ada Remote Engine Start, Walk-away Auto Door Lock, Honda LaneWatch, dan yang tercanggih ialah teknologi bantuan keselamatan aktif Honda Sensing dengan Adaptive Cruise Control sebagai salah satu fiturnya. [Xan/Ses]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar