Menggunakan AC Ternyata Bisa Tingkatkan Keselamatan Berkendara

Berita Otomotif

Menggunakan AC Ternyata Bisa Tingkatkan Keselamatan Berkendara

JAKARTA – UD Trucks mengingatkan kepada para pengguna truk untuk membiasakan menggunakan pendingin udara atau AC.

Selama ini, ketika memilih kendaraan komersial khususnya truk hanyalah tenaga dan daya tahannya saja. Namun, kenyamanan ternyata juga harus menjadi perhatian karena bisa berdampak tidak langsung dari keselamatan berkendara.

“Sering kali truk yang kita jumpai di jalanan dalam kondisi jendela terbuka, bisa dipastikan di dalam kabin tersebut tanpa AC (Air Conditioning) yang menyala. Padahal, penggunaan AC secara tidak langsung juga berhubungan dengan keselamatan,” terang Catur Wibowo, Defensive Driving Trainer dari ORD Training Center.

Menurutnya meski AC bukanlah fitur yang berhubungan langsung dengan keselamatan, fitur tersebut dapat membuat pengemudi lebih nyaman dalam berkendara. Dan bila pengendara merasa nyaman dalam berkendara maka akan membuat pengemudi bisa lebih fokus dan keselamatan berkendara menjadi lebih baik.

Untuk itulah UD Trucks telah menyediakan fitur AC untuk beberapa model kendaraan termasuk pada Quester mereka. Dengan ini maka Kenyamanan pengemudi truk tetap terjaga tanpa harus membuka kaca di tengah kemacetan. Tak hanya itu fitur AC tentunya bisa mengurangi risiko pengemudi terpapar polusi udara sehingga kondisi kesehatan mereka diharapkan bisa lebih terjamin.

Peduli Tentang Lingkungan

UD Trucks

Tak hanya memperhatikan keselamatan para penggunanya, UD Trucks pun telah mengembangkan teknologi sehingga kendaraan dapat menggunakan bahan bakar biodiesel 30 persen atau B30. Bersama dengan bagian RnD UD Trucks dan aftermarket, semua transmisi dan filter telah dikembangkan agar dapat beradaptasi dengan bahan bakar terbarukan yang lebih ramah lingkungan.

Hal ini selaras juga dengan arahan pemerintah dalam penerapan bahan bakar berstandar EURO 4 untuk mesin diesel di Indonesia. UD Trucks telah menyiapkan berbagai ragam perkembangan untuk menuju tahap EURO 4 di tahun ini.

"Kami sudah menyiapkan improvement itu sejak beberapa waktu lalu, dan sudah mulai berjalan. Tapi secara umum, dengan adanya EURO 4 kami bersyukur dapat turut serta program pemerintah untuk berkontribusi terhadap pengurangan emisi kendaraan yang berpengaruh terhadap penghijauan," pungkas Vice President dari PT UD Astra Motor Indonesia Chrisnoadhi. [Adi/Had]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar