Berkendara Ketika Berpuasa? Coba Perhatikan Tips Dari Rifat Sungkar Ini

Panduan Pembeli

Berkendara Ketika Berpuasa? Coba Perhatikan Tips Dari Rifat Sungkar Ini

JAKARTA - Ketika berpuasa, tidak sedikit orang merasa tubuhnya lebih lemas ketimbang ketika mereka tidak berpuasa. Wajar, karena tubuh memang tidak menerima asupan gizi baik itu dari makanan maupun dari minuman dalam waktu lebih dari 12 jam.

Kondisi tersebut memang tidak menguntungkan bagi mereka yang bekerja diluar kantor, khususnya bagi mereka yang harus mengemudi. Untuk itulah Rifat Sungkar, Pereli Nasional yang pernah meraih 8 gelar Juara Nasional Rally, memberi tips singkat agar para pengendara tetap fit meski sedang berpuasa.

Perbanyak Protein dan cairan ketika sahur

Nasi memang telah menjadi makanan pokok sebagian besar masyarakat Indonesia. Bahkan tidak sedikit yang mengatakan ‘Belum makan’ bila belum makan nasi. Namun, ini ternyata memiliki resiko khususnya berkendara. Pasalnya, nasi mengandung karbohidrat yang menyebabkan kantuk. 

“Untuk itu sebaiknya ketika sahur perbanyak protein dan cairan,” ungkapnya. Ia menjelaskan bahwa cairan sangatlah penting karena ketika energi terkuras maka seseorang akan langsung merasa haus yang kuat, dan ini bisa mengganggu konsentrasi berkendara. “Terkadang kita lebih sulit menahan haus ketimbang rasa lapar,” tambahnya.

Perhatikan Jarak Tempuh dan Ketahanan Tubuh Ketika Hendak Berkendara

Sebelum berkendara, anda harus memperhitungkan jarak tempuh yang akan anda lalui. Dengan demikian anda akan mengetahui kapan dan dimana anda harus berhenti untuk beristirahat. “Jangan sampai Anda membuang energi percuma hanya karena kalkulasi waktu yang salah. Tapi kalau memang salah, yang bisa dilakukan hanyalah bersabar,” tambah Rifat.

Tahan Emosi

Aktivitas apapun di bulan Ramadhan sesungguhnya adalah ibadah, termasuk berkendara. Namun emosi yang berlebih disebut sebagai salah satu hal yang dapat merusak ibadah berpuasa. Dan karena kondisi di jalan biasanya banyak yang membuat emosi tinggi, maka kesabaran di bulan ini haruslah ditingkatkan.

Periksa Kendaraan Di Bengkel Bila Ingin Berkendara Jarak Jauh

Biasanya di menjelang Lebaran, orang banyak mudik ke kampung halamannya dengan menggunakan mobil “Untuk itu sebaiknya mobil diperiksakan kondisinya di bengkel yang terpercaya. Hal ini bertujuan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan dan memberikan rasa tenang ketika berkendara” tutup Rifat.



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual