Bercerai dengan Volkswagen, Suzuki Mahar Rp 56 Triliun

Berita Otomotif

Bercerai dengan Volkswagen, Suzuki Mahar Rp 56 Triliun

TOKYO - Suzuki Motor Corp hendak bercerai dengan Volkswagen Group. Suzuki berencana untuk membeli kembali (buy back) saham mereka yang dipegang oleh VW Group. Dana sebesar Rp 56 triliun pun disiapkan.

Dana itu akan digunakan untuk membeli kembali 19,9 persen saham Suzuki yang dimiliki oleh Volkswagen AG. Hal ini dilakukan setelah pengadilan arbitrase internasional bulan lalu memerintahkan produsen mobil Jerman itu untuk menjual sahamnya di Suzuki.

Menurut Reuters, ada 122.770.000 lembar saham yang akan dibeli Suzuki dengan nilai 471,74 miliar yen atau sekitar Rp 56 triliun.

Perseteruan antara Volkswagen dan Suzuki memang sudah berlangsung bertahun-tahun setelah kedekatan mereka hanya berumur pendek.

Suzuki dan Volkswagen setuju untuk bekerja sama pada bulan Desember 2009. Keduanya berjanji untuk mengembangkan teknologi dan mengembangkan pula pasar di negara-negara berkembang.

Tapi aliansi itu malah berseteru. Suzuki akhirnya mengajukan gugatan ke arbitrase internasional pada bulan November 2011. [Syu/Idr]

Temukan mobil idaman di Mobil123
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter

 



Syubhan Akib

Syubhan Akib

Pria berkacamata yang mencintai dunia otomotif dan sangat suka memandang mobil klasik serta mempelajari sejarah otomotif dunia. Kemacetan adalah sahabat, kecepatan adalah kesukaan dan liburan akhir pekan adalah impian.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual