Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Download Gratis – iCar Asia Limited
4.4
33,336

Berapa, sih, Tekanan Angin Ban Mobil yang Pas?

Mobil Bekas

Berapa, sih, Tekanan Angin Ban Mobil yang Pas?

JAKARTA – Urusan tekanan angin ban mobil sebaiknya jangan dianggap remeh. Pengemudi disarankan mengisi angin ban dengan tekanan yang sesuai.

Salah satu komponen terpenting di sebuah kendaraan adalah ban. Pasalnya, benda berbentuk bundar inilah yang langsung bersentuhan dan bergesekan langsung dengan permukaan jalan ketika mobil melaju serta berhenti.

Oleh karena itu, kondisi ban harus ideal. Nah, hal tersebut tak hanya dipengaruhi oleh permukaan tapaknya, tapi juga tekanan anginnya.

Jika kurang, efeknya antara lain konsumsi bahan bakar minyak (BBM) lebih boros, usia pakai ban berkurang, dan ban lebih mudah selip. Kalau berlebihan, ban pun lebih mudah selip dan mobil lebih sulit dikendalikan dalam kecepatan tinggi.

tekanan angin ban mobil yang ideal

Tekanan angin ban ideal sendiri, menurut Auto2000 dalam situs resmi mereka baru-baru ini, tergantung beragam faktor. Pertama adalah model atau jenis kendaraan.

Selanjutnya ialah besar ban maupun pelek. Lalu, bobot angkut kendaraan berdampak pula pada tekanan angin ban yang harus tercapai.

Auto2000 mencontohkan tekanan angin ban Toyota Kijang Innova yang menggunakan ban standar berukuran 205/65 dengan pelek 16 inci.

Jika rutinnya hanya mengangkut beberapa orang, tekanan angin ban ideal untuk multi purpose vehicle (MPV) legendaris tersebut ialah 33 psi untuk kedua ban depan maupun kedua ban belakang.

Akan tetapi, kalau Kijang Innova tersebut mengangkut tujuh penumpang, tekanan ban belakang mesti dinaikkan menjadi 36 psi.

Tekanan Angin Ban Standar untuk Berbagai Jenis Mobil

Auto2000 pun memberitahukan tekanan angin ban standar untuk masing-masing jenis mobil penumpang. Berikut paparannya:

  • MPV: 33-36 psi
  • City Car: 30 – 36 psi
  • Sedan: 30 – 33 psi
  • SUV: 35 – 40 psi

tekanan angin ban mobil yang ideal

Angka yang mereka beritahukan adalah rentang rata-rata dan pengemudi sebaiknya tetap mengecek rekomendasi dari pabrikan masing-masing, antara lain karena perbedaan tipe ban serta ukuran pelek.

Rekomendasi tekanan angin pada mobil-mobil Toyota sendiri bisa ditengok di bagian pilar kabin.

Sudah jelas, kan, Mobilovers? Perhatikan selalu tekanan angin ban kalian ya. Cek hal tersebut secara rutin sebagai salah satu usaha agar aman serta nyaman ketika berkendara. [Xan/Ses]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar