Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Download Gratis – iCar Asia Limited
4.4
33,336

Berapa Konsumsi BBM Toyota Kijang Innova?

Panduan Pembeli

Berapa Konsumsi BBM Toyota Kijang Innova?

Toyota Kijang Innova generasi terbaru hadir di Indonesia pada bulan November 2015 dan langsung mendapat respon positif dari masyarakat.

Bagaimana tidak, tampilan Toyota Kijang Innova langsung berubah total bila dibandingkan dengan sebelumnya. Perubahan total tersebut diklaim cukup untuk menjawab kebutuhan masyarakat yang menginginkan MPV berpenampilan sporty.

Eksteriornya, desain Toyota Kijang Innova diubah sepenuhnya dan berhasil tampil lebih muda daripada generasi sebelumnya yang dirasa terlalu kalem. Secara keseluruhan, Toyota Kijang Innova terlihat jauh lebih sporty bila dibandingkan sebelumnya. Pengaplikasian desain baru pada gril, lampu, dan bumper juga tampak menarik dan cukup tajam.

Tak hanya bagian luar, Toyota Kijang Innova juga mendapatkan sentuhan baru pada bagian interior. Dashboard menjadi salah satu yang paling mencolok perhatian karena kini tampilannya lebih elegan dan mewah bila dibandingkan generasi sebelumnya. Tak hanya itu, Toyota juga menyematkan beberapa aksen kayu yang umumnya hanya ditemukan pada model-model premium.

Toyota juga menambahkan Premiun LED Illumination berwarna biru guna menambah kesan mewah pada mobil. Selain itu, baris kedua kini juga sudah dilengkapi dengan captain seat dan cabin tray sehingga diyakini akan membuat perjalanan semakin nyaman.

Tak mau setengah-setengah dalam merombak total Kijang Innova, Toyota juga menyematkan dua mesin baru. Kedua mesin tersebut adalah GD Engine (diesel) dan Dual VVT-I (bensin) dan diklaim mampu memberikan perfoma maksimal tanpa meninggalkan efisiensi yang selama ini menjadi andalan.

Berapa Konsumsi Bahan Bakar Toyota Innova?

Selama ini Toyota Kijang Innova dikenal sebagai salah satu kendaraan dengan efisiensi bahan bakar yang tak bisa dikatakan hemat namun juga tidak boros. Banyak pengujian yang sudah dilakukan untuk melihat seberapa efisien pembakaran dari mesin mobil tersebut.

Sebenarnya secara umum, konsumsi bahan bakar Toyota Kijang Innova bermesin bensin sekitar 8-10 km/liter. Ini sebenarnya lebih boros bila dibandingkan dengan Toyota Kijang Innova bermesin diesel yang bisa mencapai 11 km/ liter.

Namun konsumsi bahan bakar tersebut tidak bisa dijadikan patokan saja karena banyak faktor yang mempengaruhi. Mulai dari cara berkendara, kondisi jalan hingga jenis bahan bakar yang digunakan oleh pemilik kendaraan.

Terlebih untuk mesin diesel, bahan bakar yang digunakan tidak bisa solar biasa. Pasalnya mesinnya sudah dilengkapi dengan teknologi terbaru yang justru akan menjadi mengalami kerusakan bila menggunakan bahan bakar berkualitas rendah. Padahal kecuali di DKI Jakarta, jumlah SPBU yang menyediakan bahan bakar diesel di Indonesia jumlahnya masih terbatas.

Kesulitan inilah yang menjadikan masyarakat masih lebih banyak yang memilih Toyota Kijang Innova bermesin bensin ketimbang diesel. Padahal, perfoma dari Toyota Kijang Innova bermesin diesel bisa dikatakan lebih optimal.

Perubahan Toyota Kijang Innova Reborn

Dalam rentang tahun 2015 hingga 2021, Toyota Astra Motor menghadirkan beragam pengembangan yang khusus dilakukan untuk Toyota Kijang Innova Reborn. Masing-masing pengembangan memiliki keunggulannya sendiri-sendiri sehingga membuat masyarakat semakin banyak pilihan.

Tentunya hal tersebut sangat penting mengingat sejarah Toyota Kijang di Indonesia terbilang panjang. Toyota tentunya tidak ingin membuat nama Kijang menjadi buruk dimata masyarakat hanya karena enggan melakukan pengembangan. Dan berikut adalah beberapa pengembangan yang dilakukan oleh Toyota.

Toyota Kijang Innova Venturer

Toyota Kijang Innova

Kesuksesan Toyota Kijang Innova pun membuat Toyota Astra Motor berinisiatif untuk memberikan penambahan varian yaitu Venturer. Beragam aksesoris dilakukan untuk menjadikan mobil terlihat lebih gagah bila dibandingkan dengan sebelumnya.

Aksesoris tersebut adalah Srtiking Arch Wheel Moulding, Black Front Bumper Spoiler with Crome Plataing, Front Grille Boomerang Ornament, Side Rocker Moulding with Chrome Plating, foglamp eith dark chrome ornament, serta penggunaan velg alloy berwarna hitam berukuran 17 inch.

Ubahan tidak berhenti pada bagian eksterior, Toyota juga melakukan penyesuaian di bagian interior dengan penggunaan pelapis jok kulit berwarna hitam.

Beragam fitur keselamatan juga sudah disematkan pada Toyota Kijang Innoba Venturer. Mulai dari dual SRS Airbag, Knee Airbag, Side Airbag, Surtain Shield Airbags, Hill Assist Control, ABS & EBD serta Vehicle Stability Control (VSC).

Toyota Kijang Innova TRD Sportivo

Toyota Kijang Innova

Pada tahun 2020, Toyota Astra Motor meluncurkan Toyota Kijang Innova TRD Sportivo yang jumlahnya hanya dibatasi 2.000 unit. Salah satu fitur unggulan dari mobil ini adalah adanya Air Purifier dan Air Filter PM 2.5. Filter ini terbilang penting khususnya di pandemi seperti sekarang ini karena memiliki kemampuan untuk membersihkan dan menyaring bakteri maupun virus pada udara di kabin kendaraan.

Tak hanya penambahan fitur, Toyota Kijang Innova TRD Sportivo juga memiliki beberapa ubahan pada sisi eksterior. Ubahan tersebut dilakukan dengan menambahkan beberapa aksesoris yang membuat mobil terasa lebih sporty.

Akseoris tersebut adalah TRD Sportivo Front Bumper Spoiler, TRD Sportivo Rear Bumper Spoiler, hingga TRD Sportivo Side Skirt dan Side Sticker. Tak hanya itu, Toyota juga menambahkan Front Grille Ornament dan 17” Black Painted Alloy Wheel agar kesan sporty semakin kental.

Toyota Kijang Innova Facelift

Toyota Kijang Innova

Toyota tidak berhenti melakukan ubahan pada Kijang Innova. Pada bulan Oktober 2020, mereka akhirnya meluncurkan Toyota Kijang Innova facelift kepada pelanggan. Beberapa ubahan pun dilakukan namun memang tidak signifikan, cenderung hanya memoles beberapa bagian saja.

Beberapa ubahan yang dilakukan adalah penggunaan Captain Seat pada tipe G Luxury dan V Luxury. Selain itu, Toyota Kijang Innova facelift juga kini telah dilengkapi dengan beberapa fitur baru seperi Integrated Air Purifier, Head Unit 8 Inchi (varian G), Head Unit 9 Inchi (Varian V), Head Unit 9 Inchi with NFC (Venturer), Rear Camera dan Rear Seat Entertainment with Ambient Light (V dan Venturer).

Ubahan juga dilakukan pada sisi luar Toyota Kijang Innova facelift seperti penggunaan desain grille baru yang kini dilengkap dengan krom. Selain itu lampi sein juga mendapatkan desain baru serta penggunaan velg dual tone berukuran 16 inchi.

Khusus untuk tipe G, ada beberapa ubahan lain yang dilakukan oleh Toyota. Desain baru pada sisi bumper adalah salah satunya karena telah dilengkapi oleh Halogen Fog Lamp. Sementara untuk varian V mendapatkan penambahan lampu DRL, bumper depan telah memiliki Illuminating LED Fog Lamp, desain baru pada Rear Combination Lamp with Black List, Backdoor Black Paint Ornament dan Rear License Garnish.

Varian tertinggi, Venturer, mendapatkan beragam desain baru pada komponennya. Mulai dari grille, spoiler, Illuminating LED Fog Lamp, Sleek Rear Spoiler, Rear License Garnish, Backdoor Ornament Shape serta lampu DRL.

Pelapis jok pada tipe G dan V menggunakan warna Noble Brown yang terasa cukup elegan untuk dilihat. Sementara untuk tipe venturer menggunakan pelapis jok berwarna hitam yang dijahit benang berwarna merah sehingga telihat lebih sporty

Toyota Kijang Innova Limited Edition 50th Anniversary

Toyota Kijang Innova

Selanjutnya adalah Toyota Kijang Innova Limited Edition 50th Anniversary yang diluncurkan sebagai perayaan 50 tahun Toyota di pasar otomotif Indonesia. Kijang Innova Limited Edition hanya dibuat 50 unit dan langsung habis kurang dari 24 jam.

Pembeda yang paling sederhana dari Toyota Kijang Innova Limited Edition 50th Anniversary dengan tipe lain adalah warna. Toyota hanya menyiapkan satu warna yaitu White Pearl yang ditambahkan dengan garis berwarna emas dan membentang dari lampu depan hingga ke samping belakang mobil.

Stiker tersebut bukan tanpa makna karena menggambarkan perjalanan Toyota di Indonesia yang di dalamnya selalu ada Kijang menyertai. Cerita tersebut dimulai dari era industri pada tahun 1977, perubahan Kijang dari mobil komersial menjadi mobil penumpang hingga produk global, kemudian era Toyota Kijang Reborn yang merupakan kendaraan premium.

Kijang Innova Limited Edition mengambil platform dari tipe 2.0 V Lux dan Venturer 2.4 AT. Perbedaan antara keduanya adalah grille dari tipe 2.0 V Lux adalah berwarna krom mengkilap sementara Venturer 2.4 AT berwarna krom gelap. Selain itu, Toyota Kijang Innova Limited Edition 50th Anniversary juga sudah memiliki velg berdesain baru serta terdapat logo 50 tahun Toyota pada buritan.

Untuk bagian dalam, Toyota Kijang Innova Limited Edition 50th Anniversary menggunakan warna Noble Brown plus Brownish Wooden Panel Color. Karpet pun sudah dilengkapi dengan logi 50 tahun Toyota.

Untuk meningkatkan kenyamanan, Toyota juga menyematkan speaker JBL untuk memanjakan kuping penumpang di dalam. Selain itu ada pula Integrated Air Purifier yang merupaka  fitur penting di masa pandemi Covid-19. [Adi/Had]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar