Belum Dilarang, Masyarakat Mudik Lebih Awal

Berita Otomotif

Belum Dilarang, Masyarakat Mudik Lebih Awal

JAKARTA – Jumlah kendaraan yang keluar Jakarta melalui ruas Tol Cikampek Utama mengalami lonjakan hingga 27% pada Rabu 22 April 2020 dibandingkan hari sebelumnya.

Peningkatan ini disebabkan karena Pemerintah telah resmi untuk melarang masyarakat melakukan kegiatan mudik Lebaran. Larangan tersebut disampaikan oleh Presiden Joko Widodo pada hari Selasa, 21 April 2020 dan berlaku mulai hari Jumat, 24 April 2020.

“Berdasarkan perhitungan di Gerbang Tol Cikampek Utama terjadi kenaikan volume arus kendaraan sebanyak 27%,” kata Kombes Sambodo Purnomo Yogo, Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya sore hari tadi.

Pada hari Selasa, 21 April 2020 jumlah kendaraan yang melintas hanya mencapai 18.753 kendaraan. Sementara pada keesokan harinya terjadi peningkatan menjadi 25.797 kendaraan. Hingga berita ini dibuat, jumlah kendaraan yang melintas di hari Kamis, 23 April 2020 masih dihitung.

Larangan mudik ke kampung halaman sebenarnya memiliki tujuan yang sangat baik yaitu memutus rantai penularan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) di Indonesia. Terlebih, Jabodetabek merupakan wilayah dengan jumlah penularan terbesar di Indonesia.

Banyaknya masyarakat yang pulang kampung atau mudik dapat meningkatkan risiko penularan lebih luas dibanding sebelumnya. Terlebih, jumlah Orang Tanpa Gejala (OTG) diperkirakan sangat banyak khususnya mereka yang berusia muda.

Namun karena banyak masyarakat yang pulang kampung dan mudik lebih awal, maka mereka harus mematuhi aturan di daerah masing-masing. Salah satunya adalah ditetapkan sebagai Orang Dalam Pengawasan (ODP) dan dikarantina setidaknya selama 2 minggu.

Sementara itu pihak Kepolisian akan membangun sejumlah pos pengamanan yang bertugas untuk memastikan larangan mudik dipatuhi masyarakat. Mereka yang tetap nekat akan diminta untuk putar balik dan kembali ke rumah masing-masing. [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar