Belok Tanpa Lampu Sein Kena Denda Tilang Rp 250 Ribu

Berita Otomotif

Belok Tanpa Lampu Sein Kena Denda Tilang Rp 250 Ribu

JAKARTA – Seringkali seseorang saat berbelok atau berpindah jalur lupa untuk memberi isyarat.

Padahal selain berbahaya, berdasarkan Undang-undang Nomor 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan kelalaian tersebut bisa di pidana dengan hukuman kurungan.

Pasal tersebut mengacu pada aturan pada pasal 112 Undang-undang Nomor 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan disebutkan ada 3 situasi di mana pengendara harus memberikan isyarat.

Pada ayat 1 disebutkan: Pengemudi Kendaraan yang akan berbelok atau berbalik arah wajib mengamati situasi Lalu Lintas di depan, di samping, dan di belakang Kendaraan serta memberikan isyarat dengan lampu penunjuk arah atau isyarat tangan.

Ayat 2 berbunyi: Pengemudi Kendaraan yang akan berpindah lajur atau  bergerak ke samping wajib mengamati situasi Lalu Lintas  di depan, di samping, dan di belakang Kendaraan serta  memberikan isyarat.

Sementara Ayat 3 berbunyi: Pada persimpangan Jalan yang dilengkapi Alat Pemberi Isyarat Lalu Lintas, Pengemudi Kendaraan dilarang langsung berbelok kiri, kecuali ditentukan lain oleh Rambu Lalu Lintas atau Alat Pemberi Isyarat Lalu Lintas.

Pelanggaran terhadap pasal 112 akan diberi ganjaran sesuai dengan pasal 294 yaitu: Setiap orang yang mengemudikan Kendaraan Bermotor yang akan membelok atau berbalik arah, tanpa memberikan isyarat dengan lampu penunjuk arah atau isyarat tangan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 112 ayat (1) dipidana dengan pidana kurungan paling lama 1 (satu) bulan atau denda paling banyak Rp250.000,00 (dua ratus lima puluh ribu rupiah).

Sementara pasal 295 berbunyi: Setiap orang yang mengemudikan Kendaraan Bermotor yang akan berpindah lajur atau bergerak ke samping tanpa memberikan isyarat sebagaimana dimaksud dalam Pasal 112 ayat (2) dipidana dengan pidana kurungan paling lama 1 (satu) bulan atau denda paling banyak Rp250.000,00 (dua ratus lima puluh ribu rupiah).

Jadi jangan lupa untuk menyalakan lampu sein atau isyarat tangan lagi ya.

 



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual