Beli Mobil Online Mulai Ramai, DFSK: Tenaga Penjual Tetap Punya Peran

Berita Otomotif

Beli Mobil Online Mulai Ramai, DFSK: Tenaga Penjual Tetap Punya Peran

JAKARTA – DFSK mengakui bahwa saat ini sudah banyak orang yang membeli kendaraannya secara online, namun tenaga penjual tetap tidak akan hilang.

Hal ini diungkapkan oleh terang M. Angga Adhikresna Digital Marketing Manager PT Sokonindo Automobile (DFSK Indonesia). Menurutnya, tenaga penjual di masa depan jumlahnya mungkin tidak akan signifikan.

“Tenaga penjual tidak akan hilang, tapi mungkin pindah platform menjadi online. Tapi itu masih lama terjadinya. Di negara-negara lain (hingga saat ini) masih butuh tenaga penjual di dealer,” terang Angga.

Berkurangnya tenaga penjual dikarenakan saat ini saja sudah banyak orang yang membeli kendaraannya secara online. Pelanggan banyak yang tidak pergi ke dealer untuk melakukan test drive melainkan hanya percaya pada reviewer kendaraan.

“Youtube sangat efektif, mereka akan melihat beberapa channel yang mereview kendaraan icaran dan melihat kelebihan dan kekurangannya. Biasanya, generasi milenial itu percaya dengan reviewer,” terangnya.

Kondisi ini sedikit berbeda dengan konsumen yang sudah lebih berumur. Generasi ini biasanya lebih mengkombinasikan antara reviewer dengan test drive. Untuk konsumen inilah tenaga penjual masih memiiliki peran sangat penting.

“Ada juga mereka yang setelah melihat review masih harus ke dealer, cek mobilnya, test drive dan baru beli. Inilah kenapa tenaga penjual tidak akan hilang. Tapi kalau generasi milenial tidak mau ribet. Mereka sudah percaya dengan review dan biasanya langsung transfer DP kemudian mobil minta dikirimkan ke rumah,” ungkapnya.

Kebiasaan orang untuk membeli kendaraan online pun diperkirakan akan semakin kuat karena adanya pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19). Selama pandemi ini, sejumlah wilayah menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar yang menjadikan orang enggan untuk berpergian dan lebih memilih untuk melakukan pembelian secara online, termasuk kendaraan. Bukan tidak mungkin kebiasaan ini akan semakin menguat meski pandemi Covid-19 telah berakhir. [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar