Beli Mobil Bekas Bisa Lebih Ringan dengan Kredit, Cicilannya Rp2 Juta-an

Mobil Bekas

Beli Mobil Bekas Bisa Lebih Ringan dengan Kredit, Cicilannya Rp2 Juta-an

Membeli mobil bekas secara kredit bisa lebih ringan karena tidak membutuhkan modal awal yang sangat besar. Terlebih jika mobil bekas yang hendak dibeli harganya berada di kisaran Rp100 juta-an atau di bawahnya, bisa-bisa modal awal yang dikeluarkan tidak besar dan cicilannya pun ringan Rp2 jutaa-an. 

Membaca frasa “Harga Mobil”, kemungkinan satu kata yang terlintas dalam benak adalah “mahal”. Ya, membeli mobil merupakan sebuah investasi yang memerlukan beberapa pertimbangan.

Bagaimana tidak? Kebanyakan mobil-mobil yang ada di pasar saat ini berbanderol di atas Rp100 juta.

Tetapi, untuk para pencari mobil yang memiliki bujet terbatas tidak perlu khawatir, karena masih ada pilihan mobil bekas yang harganya lebih bersahabat.

Ikustrasi Mobnil Bekas (Foto: Autonews)

Ditambah lagi, pembelian mobil bekas bisa dilakukan dengan metode pembayaran secara kredit. Bahkan ada unit bekas dengan cicilan Rp2 juta-an, pelunasannya pun terasa tidak terlalu beban.

Di Mobil123.com sendiri dapat ditemukan iklan-iklan mobil bekas di mana penjualnya menawarkan paket kredit yang sangat ringan.

Sebelum itu, mari kita bahas terlebih dahulu mengapa harus membeli mobil bekas secara kredit.

Keuntungan Beli Mobil Bekas Secara Kredit

Membeli mobil bekas dengan cara dicicil atau kredit mempunyai beberapa keuntungan ketimbang menggunakan sistem pembayaran secara tunai.

Berikut ini beberapa keuntungannya:

Rentang Harga Sangat Luas

Ada banyak unit yang tersedia di bursa pasar mobil bekas dengan harga yang variatif. Mulai dari yang murah di bawah Rp100 juta semacam Low MPV atau LCGC, hingga yang mahal seperti mobil sport yang berbanderol miliaran rupiah.

Tentunya, harga mobil bekas harus sesuai, sekitar Rp100-150 juta-an, agar dapat kredit dengan angsuran ringan Rp2 juta-an. Kebanyakan mobil bekas yang ada di kisaran tersebut berupa model Low MPV atau LCGC.

Pembayaran Lebih Ringan

Dana merupakan faktor pertimbangan dalam memutuskan membeli sebuah mobil. Meskipun mobil bekas harganya lebih terjangkau, tetap saja harus disiapkan biaya yang cukup untuk membelinya.

Memilih pembayaran secara kredit merupakan pertimbangan yang pas dalam membeli mobil bekas karena biaya yang harus dikeluarkan tiap bulan lebih ringan. Pembeli juga dapat mengatur dan menyesuaikan pengeluaran bulanan dengan pemasukan mereka.

Dengan ringannya pembayaran setiap bulan, dana lebih yang dimiliki bisa dialokasikan untuk keperluan lain.

Tidak Perlu Tunggu

Setelah melakukan transaksi, mobil bekas yang baru dibeli bisa langsung dipakai. Ini dikarenakan mobil sudah memiliki dokumen-dokumen registrasi seperti Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB) dan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK).

Pembeli hanya cukup memastikan kelengkapan dari surat-surat tersebut dan status pajak tahunannya sebelum membeli.

Beda ceritanya jika membeli mobil baru dengan kredit. Untuk mobil baru tidak bisa langsung mendapatkan unit meskipun transaksi sudah dilakukan, karena masih ada proses-proses lain yang perlu selesaikan seperti persetujuan kredit, administrasi, pembuatan surat, dan sebagainya.

Proses tersebut membutuhkan waktu beberapa minggu hingga bulan.

Paket Kredit Ringan Mobil Bekas di Mobil123.com

Di listing Mobil123.com, ada banyak penjual yang menawarkan paket kredit untuk pembelian mobil bekas. Paket kredit yang ditawarkan beragam dan cukup menarik, seperti total down payment (TDP) berkisar antara Rp10 juta sampai Rp20 jutaan, dan cicilan Rp2 juta-an.

Berikut beberapa contohnya:

Toyota Avanza 1.3 G MT 2012

Toyota Avanza 1.3 G MT keluaran 2012 ini dijual oleh diler di kawasan Banten. Unit bisa dibeli secara tunai atau kredit.

Mengutip catatan penjual, bila konsumen membeli Avanza bekas satu ini secara tunai harganya Rp116 juta. Sementara itu, harga kreditnya lebih murah, Rp104 juta.

Paket kredit yang ditawarkan penjual ada dua. Pertama TDP Rp18 juta dengan cicilan Rp3,148 juta per bulan tenor 4 tahun.

Kedua TDP Rp17 juta dengan cicilan Rp2,753 juta per bulan tenor 5 tahun.

Toyota Agya 1.2 TRD 2018

Agya berkelir kuning ini ditawarkan oleh penjual mobil bekas asal Bandung, Jawa Barat. Sama seperti mobil sebelumnya, unit ini bisa dibeli secara tunai dengan harga Rp133 juta atau kredit seharga Rp118 juta.

Di catatannya, penjual memberikan beberapa simulasi kredit untuk pembelian mobil ini. Salah satunya adalah TDP Rp29,722 juta dan cicilan Rp2,628 juta per bulan tenor 5 tahun.

Daihatsu Ayla 1.0 D MT 2019

Unit Ayla bekas satu ini dijual atas nama pribadi yang bertempat tinggal di kawasan Banten. Mobil bekas berwarna putih ini seharga Rp100 juta, jika pembeli memilih pembayaran secara tunai, sedangkan kalau memilih kredit harganya Rp85 juta.

Untuk paket kredit yang disediakan penjual hanya satu, dengan TDP Rp17 juta dan cicilan per bulan Rp2,26 juta dalam jangka waktu 5 tahun.

Daihatsu Gran Max 1.5 D 2014

Contoh terakhir mobil bekas yang menawarkan paket kredit ringan di Mobil123.com adalah Daihatsu Gran Max tahun produksi 2014.

Penjualnya berada di Banten, harga yang ditawarkan untuk pembelian secara tunai sebesar Rp97 juta. Sementara untuk kredit senilai Rp85 juta.

Penjual menawarkan 2 opsi paket kredit. Pertama TDP Rp15 juta dengan cicilan Rp2,675 juta per bulan tenor 4 tahun, dan kedua TDP Rp13 juta angsuran bulanan Rp2,339 juta tenor 5 tahun.

Tips Mencari Mobil Bekas dengan Kredit Ringan

Cari Mobil Berdasarkan Segmen Kendaraan

Jika salah satu pertimbangan awal dalam mencari mobil bekas adalah harga kredit yang murah, disarankan untuk memfokuskan pencarian pada model yang bermain di segmen mobil murah, seperti LCGC dan Low MPV, yang harga unit barunya berkisar Rp100-200 juta-an.

Dengan pencarian yang berfokus pada segmen tersebut, kemungkinan untuk menemukan mobil bekas dengan harga kredit yang ringan akan semakin besar. Ditambah lagi, kondisinya relatif masih bagus karena tahun keluaran tidak terlalu tua.

Poin tambahan dari model LCGC dan Low MPV adalah akses suku cadangnya yang gampang didapatkan, sehingga perawatannya juga lebih mudah dan murah.

Contoh dari mobil di segmen murah adalah Daihatsu Ayla, Sigra, Toyota Agya, dan sebagainya.

Selain mobil di segmen murah, saran lain adalah mencari mobil keluaran tahun lama (2000-an hingga awal 2010-an).

Saat ini sudah banyak model mobil yang mengalami pembaruan/facelift dari tahun ke tahun, sehingga untuk unit lama harganya akan jatuh.

Ini bisa jadi pilihan mobil yang bisa dibeli secara kredit. Contohnya adalah Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia.

Riset di Situs-situs Jual Beli Mobil

Tips berikutnya adalah dengan melakukan riset melalui situs-situs jual beli mobil. Ada banyak situs jual beli mobil yang menjadi tempat beriklannya diler mobil bekas, salah satunya yang terpercaya Mobil123.com.

Dalam listing Mobil123.com terdapat ratusan ribu iklan mobil dari berbagai macam penjual, mau itu diler atau nama pribadi, yang tentunya telah terverifikasi.

Walaupun jumlah unit yang dijual amat banyak, pencarian mobil bekas idaman di Mobil123.com tetap mudah dengan adanya fitur filter pencarian. Dengan fitur ini, pembeli dapat menentukan spesifikasi pencarian mobil, mulai dari kondisi mobil, merek, model, harga, tahun, lokasi penjual, dan lain-lain.

Selain melalui situs, cara yang lebih konvensional adalah menyambangi diler secara langsung di lokasi untuk melihat-lihat mobil bekas yang dijajakkan. Tetap saja, Cara ini bisa dibilang tidak praktis karena memakan waktu, tenaga dan biaya.

Membeli mobil bekas (Foto: AutocarIndia)

Persiapkan Dana untuk Bayar DP

Satu hal yang perlu disiapkan untuk membeli mobil bekas dengan kredit yang ringan hingga Rp2 juta-an adalah dana untuk membayar transaksi pertama, meliputi Down Payment (DP), cicilan pertama, serta biaya lain seperti administrasi dan jasa kredit.

Ada beberapa syarat agar cicilan mobil bekas dapat menyentuh angka rendah Rp2 juta-an.

Pertama, persenan DP yang dibayar di awal harus besar, sekitar 25-30%. Dengan begitu, sisa harga yang harus dibayar akan lebih kecil, dan ringan.

Kedua, tenor yang harus dipilih untuk membayar cicilan harus lama. Jika tenor yang diambil itu 1-2 tahun, pembagi sisa harga mobil kecil, sehingga angsuran cicilan bulanan yang harus dibayar menjadi lebih besar. Maka dari itu, disarankan untuk mengambil tenor yang lebih lama, 4 atau 5 tahun, supaya cicilan per bulannya lebih terjangkau.

Ajak Mekanik Terpercaya

Setelah menentukan mobil bekas yang diincar, tahap selanjutnya adalah melihat dan memeriksa secara langsung keadaan mobil dengan mendatangi penjual. Di tahap ini, memiliki kenalan atau teman seorang mekanik bengkel akan sangat menguntungkan.

Mekanik yang lebih mengerti seluk-beluk mobil akan membantu mengecek kondisi unit di berbagai sisi, mulai dari bagian bodi, interior, mesin, roda, suspensi, kaki-kaki, kelistrikan, dan lainnya.

Selain pengecekan, lakukan test drive untuk merasakan performa mobil secara langsung, apakah mobil terasa ngadat-ngadat, atau ada terdengar bunyi-bunyi tidak lazim dan semacamnya.

Tanyakan juga mengenai riwayat servis mobil. Jika riwayat servis tercatat dengan lengkap, bisa diindikasikan perawatan dari pengguna sebelumnya baik dan kondisi kendaraan masih bagus.

Apabila ada suatu kekurangan pada mobil yang tidak disebutkan di iklan, bisa dijadikan bahan untuk menegosiasikan kembali harga jualnya.

Pastikan Surat-Surat Valid

Hal yang tidak kalah penting untuk diperiksa sebelum transaksi mobil bekas adalah kelengkapan dokumen-dokumen registrasi serta statusnya.

Pastikan surat-surat seperti BPKB dan STNK kendaraan ada, dan cek status pajak tahunan dan lima tahunan. Jika saja pajaknya belum terbayar atau mati, bisa juga dijadikan bahan untuk negosiasi harga, meskipun nantinya perpajakan harus diurus pembeli. [ABP/Ses]

>>>>> Klik link ini untuk melihat harga mobil bekas <<<<<



Andrew Barnabas Panggabean

Andrew Barnabas Panggabean

Seorang penulis/penerjemah bahasa Inggris. Memulai karier sebagai Content Writer di Gojek (2017-2019), lalu bergabung ke mobil123.com pada Desember 2021.


Berita Utama


Komentar