Belanda Larang Penjualan Kendaraan Berbahan Bakar Minyak Tahun 2025

Berita Otomotif

Belanda Larang Penjualan Kendaraan Berbahan Bakar Minyak Tahun 2025

AMSTERDAM  - Setelah sebelumnya India berencana untuk menjadikan seluruh kendaraannya menjadi mobil listrik di tahun 2030, kini giliran Belanda yang unjuk gigi.

Tak mau kalah denggan India, nagara yang pernah menjajah bangsa Indonesia ini berencana untuk mengganti semua kendaraan bensin dan diesel menjadi kendaraan listrik. Cita-cita tersebut diharapkan dapat tercapai pada tahun 2025 mendatang.

Parlemen Belanda telah mengeluarkan mosi bahwa semua kendaraan yang dijual pada tahun 2025. Namun, hal ini masih belum dilaksanakan oleh pemerintah Belanda saat ini dan mosi ini juga masih memperbolehkah kendaraan hybrid untuk dijual pada tahun 2025.

Namun pelarangan diperkirakan akan menemui tantangan yang sulit. Pasalnya Senat masih harus menerima mosi yang diajukan oleh Dutch Labor Party (partai buruh Belanda) dan telah mendapat tentangan dari Economic Affairs Minister (Menteri Keuangan), Henk Kamp. Ia menyatakan bahwa mosi tersebut melanggar hukum Ekonomi Eropa.

Menurut Kamp, ketika semua sebuah kendaraan telah memenuhi standard gas buang, maka secara otomatis mobil tersebut legal untuk beroperasi di seluruh belahan Eropa, termasuk Belanda.

Mosi tersebut hanya tidak memperbolehkan kendaraan berbahan bakar bensin dan solar untuk diperjualbelakan pada tahun 2025, namun mobil-mobil yang sudah ada tetap boleh beroperasi. Patut menjadi catatan bahwa  dalam 3 bulan terakhir ini, Tesla Model S telah menjadi mobil listrik paling laris di Belanda. [Adi/Idr]

Temukan mobil idaman di Mobil123
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual