Belajar Buka Bengkel Audio Mobil

Panduan Pembeli

Belajar Buka Bengkel Audio Mobil

JAKARTA - Pertumbuhan kendaraan roda empat semakin pesat di Indonesia. Dan ini peluang menjanjikan bagi Anda yang ingin membuka bengkel modifikasi di sektor car audio dengan beragam konsep dan diinginkan konsumen baik SQ, SQL, SPL maupun car multimedia.

Pilihan tersebut dapat Anda jadikan sebagai investasi jangka panjang, namun untuk memulainya memerlukan suatu perencanan yang matang. Dan perlu diketahui ada beberapa tahap yang Anda harus perhatikan ketika ingin membuka bengkel modifikasi di sektor car audio.

Wahyu Tanuwidjaja, pemilik PT Audiworkshop menjelaskan langkah pertama adalah mengenai lokasi di mana 'bengkel' audio yang akan Anda buka. Soalnya ini mengenai siapa yang akan menjadi sasaran Anda. Tapi jangan kuatir. Dalam hal ini Wahyu, menjelaskan pihak siap memberikan edukasi kepada para calon pengusaha dalam hal pemilihan lokasi yang tepat.

"Soal lokasi, ada kelas 4 hari bagaimana cara membuat toko mulai dari bagaimana melayani, stocking (ketersediaan) hingga lokasi toko. Akan kami ajarkan biar tidak salah pilih tempat," ucap Wahyu di sela-sela 'Brighten Up New Rush 2015' di Jakarta.

Dia menjelaskan, dalam menekuni usaha ini hal yang harus diperhatikan adalah lokasi toko audio mobil. Sebab laku atau tidaknya barang dipengaruhi lokasi di mana toko berada. Dan calon pengusaha harus perhatikan sewa tempat atau punya sendiri. Tentu jika toko milik pribdi akan lebih maksimal dalam pendapatan, tanpa harus mengeluarkan dana sewa.

"Yang mahal itu bukan produk, tapi sebenarnya adalah tempat. Sewa atau beli sama-sama mahal. Dalam dunia ini, permintaan konsumen ditentukan dengan yang dagang (lokasi toko)," pungkas Wahyu.

Misalnya dalam jarak tertentu, minimal harus minim kompetitor. Selain itu perhatikan area pemukiman penduduk, perkantoran atau pusat keramaian yang bisa menjadi pilihan untuk meningkatkan jumlah konsumen.

Lalu bagaimana dengan ketersediaan audio?

"Dengan dana Rp 150 juta (di luar investasi toko), Anda sudah bisa buka toko car audio dengan beragam konsep. Subwoofer, speaker dan lainnya kami siapkan di toko. Dan sistemnya pengusaha harus beli. Bahkan kami siap suplai jika ada konsumen yang ingin harga paling tinggi," beber bos PT Audiworkshop pemegang merek Focal (Prancis), Carpediem dan Domination (lokal).

Nah, soal teknisi PT Audiworkshop menyiapkan seminar car audio. Di sana ada traning center mengenai cara pemasangan sistem audio yang benar tanpa merugikan konsumen.

PT Audiworkshop memiliki 100 toko rekanan yang tersebar di seluruh Indonesia. "Paling banyak masih di pulau Jawa," tutup Wahyu yang memiliki moto 'Selama masih ada mobil, kami akan hidup.' [Ikh/Idr]

 

Temukan mobil idaman di Mobil123.
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter



M Ikhsan

M Ikhsan

Pria ini sangat menyukai dunia otomotif karena sudah menjadi bagian hidupnya sejak kecil. Seperti para jurnalis otomotif lainnya, saya suka‬ pekerjaan yang mendetail dan suka dengan aktivitas outdoor yang penuh tantangan. Impian saya adalah mengoleksi supercar Italia, meski sekarang hanya bisa mengoleksi die cast. Tapi saya percaya suatu saat nanti, satu supercar akan terparkir di garasi rumah. ‎


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual