Wajib Tahu, Begini Cara Pakai Dongkrak Mobil yang Benar dan Aman

Panduan Pembeli

Wajib Tahu, Begini Cara Pakai Dongkrak Mobil yang Benar dan Aman

JAKARTA – Meski terdengar sepele, rupanya masih banyak pemilik mobil yang kurang mengetahui cara menggunakan dongkrak yang benar dan aman.

Dongkrak merupakan peralatan darurat yang harus selalu tersedia di mobil. Adapun fungsinya untuk mengangkat bagian bawah mobil supaya memudahkan pemilik kendaraan mengganti roda atau ban saat berada di tengah perjalanan.

Namun, sayangnya tidak sedikit orang yang menganggap mengangkat mobil dengan menggunakan dongkrak adalah pekerjaan sepele. Padahal salah sedikit saja dalam meletakkan dongkrak, mobil berisiko terjatuh dan membuat kerusakan parah.

Hal ini tentunya tidak diinginkan oleh pemilik kendaraan, karena kerugian akan berlipat ganda.

Nah, supaya tidak terjadi kesalahan dalam menggunakan dongkrak, berikut ini beberapa cara sederhana untuk memastikan keamanan saat hendak melakukan perbaikan kendaraan menggunakan dongkrak.

Perhatikan Kondisi Dongkrak

Hal pertama kali harus diperhatikan adalah kondisi dongkrak itu sendiri. Bila dongkrak memiliki masalah, sebaiknya tidak digunakan untuk mengangkat mobil, demi menghindari terjadinya masalah termasuk kendaraan terjatuh.

Dongkrak mobil

Cari Permukaan Jalan yang Rata

Untuk mengganti ban mobil, sebaiknya cari permukaan jalan yang serata mungkin.

Melakukan penggantian ban di jalan yang tidak rata berisiko membuat mobil menjadi miring dan terjatuh saat dilakukan perbaikan.

Mencari Tumpuan Mobil yang Tepat

Dongkrak

Memilih tumpuan mobil juga bisa menjadi perkara yang susah-susah gampang. Hal ini karena tidak semua permukaan mobil bisa dijadikan tumpuan saat akan didongkrak.

Bagian mobil yang bisa digunakan sebagai tumpuan saat proses jacking adalah bodi monocoque dan bodi frame terpisah.

Kedua bagian tersebut dapat menjadi tumpuan dongkrak karena bodi monokok memiliki struktur rangka yang menyatu dengan bodi mobil. Kondisi tersebut membuat bobot kendaraan dapat ditopang oleh area samping bawah mobil depan dan belakang di bagian lower arm suspension.

Cara Mendongkrak

Sebelum mengangkat mobil, pastikan dulu untuk melonggarkan seluruh baut pada roda mobil yang hendak dilepas. Hal ini perlu dilakukan untuk memudahkan Anda dalam melepas roda saat mobil sudah terangkat.

Dongkrak memiliki tuas untuk memompa bagian bawah mobil supaya terangkat. Ingat, jangan angkat mobil terlalu tinggi, cukup pada ketinggian 10 hingga 15 cm saja, supaya mobil tetap seimbang.

Kemudian lepas ban atau roda, ganti dengan ban cadangan atau yang lebih baik. Pasang kembali baut pada roda, kemudian turunkan dongkrak.

Setelah itu kencang kembali baut, pastikan tidak ada satu pun yang masih longgar untuk memastikan keselamatan berkendara. [Adi/Ses]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar