Wuling Almaz dan DFSK Glory 580 Diyakini Tak Saling 'Makan' Karena Alasan Ini

Berita Otomotif

Wuling Almaz dan DFSK Glory 580 Diyakini Tak Saling 'Makan' Karena Alasan Ini

JAKARTA – Wuling Almaz dipercaya tak akan mengancam SUV China lain dari Dongfeng Sokon (DFSK) yaitu Glory 580 karena berbagai perbedaan.

Almaz, calon SUV pertama Wuling, diperkenalkan di hadapan media massa Indonesia pada Rabu (23/1/2019) di Sentul, Bogor, dalam acara Temu Awal Tahun, sebelum peluncurannya pada kuartal satu ini. Sebelum diperkenalkan, Wuling sudah menjelaskan bahwa Almaz nantinya bertarung di segmen medium SUV.

Sayang harganya belum dibeberkan. Di segmen medium SUV sendiri sendiri sudah ada Glory 580 yang mengaspal terlebih dahulu pada 2018.

Akan tetapi, Wuling mengatakan keduanya tak akan saling ‘memakan’. Alasan yang dikemukakan oleh Cindy Cai, Vice President of Vehicle, Sales, Service, Marketing PT. SAIC General Motors Wuling (SGMW) Indonesia adalah fitur-fitur Almaz yang lebih spesial.

Salah satu yang disorot adalah head unit berukuran besar dengan berbagai kemampuan. Head unit ini terlihat amat menonjol di konsol tengah dengan ukuran 10,4 inchi.

“Head unit ini memang sangat khusus. Di pasar Indonesia belum ada. Jadi, ini sangat berbeda dari yang lain,” ucap Cindy meladeni pertanyaan Mobil123.com di sela-sela acara.

Dari sisi kapasitas penumpang, Almaz dan Glory 580 juga berbeda. SUV Wuling yang namanya diambil dari bahasa Arab ini berkapasitas lima penumpang, sedangkan SUV DFSK berkapasitas tujuh penumpang.

Tapi Cindy tidak merespons mengenai apakah hal ini juga menjadi faktor yang membuat Almaz akan berbeda segmentasi konsumen dengan Glory 580. Wuling sendiri menyebutkan kemungkinan Almaz versi tujuh penumpang mungkin saja di masa depan, tapi mereka saat ini masih fokus menggarap pasar SUV lima penumpang.

Saat diwawancarai dalam GIIAS 2018, Jason Ding, Brand and Marketing Director SGMW, sempat menyebut-nyebut bahwa desain SUV mereka yang lebih stylish juga menjadi pembeda dari Glory 580. SUV Wuling ini memang sempat dipajang di pameran tersebut dengan nama aslinya di pasar China yakni Baojun 530.

Wuling Almaz memiliki fitur kenyamanan dan hiburan amat banyak. Selain Head Unit 10 inchi, ada 360 Degree Camera, Tire Pressure Monitoring System (TPMS), Wuling Link, Start/Stop Button, Keyless Remote, Keyless Entry, Six-ways Electric Adjustable Driver Seat, USB Charging serta AC vent di baris kedua, Cruise Control dan Sun Roof.

Untuk fitur keamanan, terdapat dua sensor parkir di depan dan empat sensor parkir di belakang, Traction Control System, Electronic Stability Control, Hill Hold Control, sistem pengereman ABS – EBD – BA, empat airbag yang tersebar di depan serta samping, Seatbelt Reminder, Immobilizer, Rear Disc Brake, Emergency Stop Signal, struktur bodi dari baja berkekuatan tinggi.

Almaz maupun Glory 580 sama-sama menggunakan mesin 1.5-liter turbo, tapi calon jagoan Wuling dilengkapi transmisi otomatis CVT 8-percepatan. Fitur serta spesifikasi Glory 580 sendiri bisa dilihat dalam review Mobil123.com tahun lalu. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar