Beda Modifikasi dan Kustom, Ini Penjelasannya

Berita Otomotif

Beda Modifikasi dan Kustom, Ini Penjelasannya

JAKARTA – Modifikasi dan Kustom kerap diartikan sama oleh sebagian orang, namun keduanya ternyata memiliki perbedaan yang mendasar, yuk kenali lebih jauh.

Pada dasarnya melakukan sentuhan atau ubahan pada kendaraan dari standar pabrik, memiliki tujuan untuk tampil beda. Sehingga bagi pemiliknya, kendaraan yang digunakan memiliki nilai lebih yang mampu meningkatkan gengsi. Namun di luar sana masih banyak orang yang salah kaprah dengan pengertian modifikasi maupun kustom.

Kustom

Kata yang berasal dari luar negeri ini merupakan upaya mengubah tampilan kendaraan melalui pesanan khusus. Kustom pada umumnya merupakan cerminan dari karakter si pemilik kendaraan. Atau bisa juga berasal dari inspirasi maupun pengembangan dari referensi berbagai sumber.

Teknik mengubah tampilan kendaraan ini pada umumnya menyasar hampir ke seluruh bagian kendaraan. Sehingga wujudnya tidak lagi sama dengan buatan pabrik. Misalnya yang kerap dilakukan adalah ubahan pada rangka sehingga kendaraan berganti model atau aliran.

Mengubah tampilan kendaraan dengan cara kustom biasanya memakan waktu lebih lama dan menguras kocek. Belum lagi jika di tengah pengerjaan terdapat interupsi seperti berganti desain. Selain itu pembuatan parts yang dikerjakan secara manual tentunya membutuhkan waktu lebih banyak.
beda Kustom dan Modifikasi
Adapun dalam prosesnya sendiri kerap terjadi trial and error. Untuk mendapatkan hasil yang sempurna, konsumen paling sedikit harus menunggu hingga 3 bulan, bahkan ada yang sampai tahunan.

Modifikasi

Ubahan tampilan kendaraan dengan menggunakan teknik ini cukup sederhana. Berbeda dengan kustom yang komponennya dibuat secara khusus, modifikasi biasanya menggunakan komponen aftermarket di pasaran bebas.

Berbagai komponen modifikasi telah dijual bebas di toko-toko aksesori. Sehingga konsumen lebih leluasa untuk memilih komponen yang sesuai selera maupun budget. Komponen yang ditawarkan sendiri ada yang merupakan produksi dari pabrikan kenamaan dan mendunia, sehingga kualitasnya lebih terjamin.

Biasanya modifikasi yang paling umum dilakukan adalah penggantian lampu baik dari jenis teknologi maupun modelnya. Selain itu, komponen bodi parts juga kerap mendapat perlakuan khusus dari pemilik kendaraan.
beda Kustom dan Modifikasi
Berbeda dengan kustom, modifikasi dinilai memiliki gengsi yang lebih rendah. Hal ini dikarenakan kemungkinan adanya kesamaan dengan kendaraan lain saat berpapasan di jalanan.

“Kustom bisa saja mengambil inspirasi dari mana saja sumbernya, tapi dibuat berbeda sesuai dengan keinginan konsumen. Ini yang membuat pemiliknya lebih bangga akan kendaraan yang digunakan,” kata Veroland, Penggawa Kickass Chopper beberapa waktu silam. [Dew/Ari]



Denny Basudewa

Denny Basudewa

Cowok kelahiran Bogor, Jawa Barat ini gemar mendalami seluk beluk dunia otomotif. Dunia jurnalistik telah menjadi passion hidupnya sehingga ingin terus memberikan informasi seputar otomotif pada masyarakat.


Berita Utama


Komentar