Bayar Tol Tanpa Berhenti Rencananya Mulai Diterapkan September 2022

Berita Otomotif

Bayar Tol Tanpa Berhenti Rencananya Mulai Diterapkan September 2022

JAKARTA – Multi Lane Free Flow (MLFF), atau bayar tol tanpa berhenti, targetnya dilakukan secara bertahap persis setahun dari sekarang.

Kepala Badan Pengusaha Jalan Tol (BPJT) Danang Parikesit mengatakan bahwa, metode tersebut memiliki beragam kelebihan. Pertama hilangnya antrean pembayaran di gerbang tol yang pada akhirnya juga meniadakan kemacetan di titik itu.

Selain itu, teknologi bayar tol tanpa berhenti juga dapat mereduksi polusi gas buang kendaraan dan emisi karbon, digitalisasi pembayaran yang dapat dipantau secara realtime, sampai penghematan biaya operasional tol secara maksimal.

“Sistem tersebut dapat menghemat waktu antara 30 detik hingga 5 menit yang biasanya digunakan untuk bertransaksi di gerbang tol dan mengurangi emisi hingga 35 persen,” ucap Danang dalam Diskusi Publik dengan topik ‘Reformasi Sistem Transaksi Tol sebagai Upaya Meningkatkan Pelayanan Pelanggan’ baru-baru ini di Jakarta, seperti dikutip dari pernyataan pers Institut Studi Transportasi (Instran).

bayar tol tanpa berhenti mulai 2022

Dia membeberkan kalau penerapan bayar tol tanpa berhenti dijadwalkan berlangsung mulai September 2022 pada gerbang-gerbang tol terpilih. Implementasinya setelah itu akan diperluas ke seluruh Indonesia.

“Implementasi penuh pada 2023,” bongkar Danang.

BPJT menggandeng PT. Roatex Indonesia Toll System (RITS) sebagai rekanan.

Proses bayar tol tanpa berhenti di Indonesia nantinya bisa dilakukan para pengendara mobil menggunakan aplikasi MLFF berbasis teknologi Navigation Global Satellite System (NGSS).

“Nantinya palang dan gerbang tol tidak lagi diperlukan. Pengguna dapat masuk keluar jalan tol tanpa hambatan dan tarif tol nantinya akan terpotong otomatis dari saldo pengguna melalui aplikasi yang berfungsi sebagai On Board Unit (OBU) elektronik atau e-OBU saat melewati sensor pada akses masuk tol.  Selanjutnya, penerapan MLFF akan menggunakan teknologi Global Navigation Satellite System (GNSS) untuk mengenali dan menentukan posisi kendaraan yang masuk ke jalan tol,” papar Project Manager Supply Chain and Business Relation RITS Emil Iskandar.

MLFF alias bayar tol tanpa berhenti di Indonesia mulai 2022

Perwakilan Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) Sudaryatmo menambahkan, pengaduan konsumen jalan tol ke YLKI selama ini sangat sedikit. Pengaduan-pengaduan yang masuk hanya dilatarbelakangi kejadian tertentu dengan dampak sangat besar.

“Banyak konsumen berharap dengan menggunakan jalan tol, mereka akan mendapatkan rasa keadilan, aman, nyaman, menekan biaya operasi (perjalanan) lebih murah dah biaya operasi lebih murah. YLKI berharap nantinya, pengguna jalan tol dapat menikmati layanan tol sesuai dengan kewajiban mereka membayar tol dengan sistem tanpa sentuh,” tegas dia. [Xan/Ses]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar