Bawa Botol Plastik Bisa Parkir Gratis di sini

Berita Otomotif

Bawa Botol Plastik Bisa Parkir Gratis di sini

LEEDS –  Operator parkir CitiPark di Leeds, Inggris memberikan program gratis parkir untuk para pelanggan yang membawa botol plastik bekas.

Program ini dilakukan sepanjang bulan Oktober dan akan diperpanjang bila terbukti efektif untuk mengurangi sampah plastik. Tujuan dari program tersebut memang untuk mendorong pengemudi agar lebih bertanggung jawab terhadap sampah plastik mereka.

Cara kerjanya adalah pelanggan membawa botol plastik berukuran minimal 500 ml. Setiap botol akan dihargai senilai 20 pence sterling  atau setara Rp 3.986 yang artinya pengemudi harus membawa sedikitnya 30 botol plastik agar bisa mendapat satu jam gratis parkir.  Nantinya, botol-botol tersebut akan dikumpulkan dan didaurulang menjadi pakaian, mainan atau furniture oleh pihak ketiga.

“Skema ini adalah tentang membantu lingkungan, di mana sesuatu seperti perusahaan kami kerjakan secara serius. Pengemudi hanya perlu untuk datang ke meja customer services dengan botol-botolnya dan kami akan berikan diskon parkir,” tutur Chris Jones, penjaga parkir CitiPark.

Program ini memang terbilang cukup menarik karena selain memberi kemudahan pelanggan untuk membayar parkir, mereka juga bertanggung jawab terhadap lingkungan. Dan karena umumnya botol tersebut digunakan untuk minuman, maka pelanggan juga seakan dipaksa untuk menjaga dirinya darinya dari dehidrasi.

Sementara itu di Indonesia, meski sampah plastik terbilang sangat tinggi namun upaya untuk menguranginya terkesan masih jauh dari angan. Pernah ada kebijakan untuk membuat plastik berbayar di swalayan dan mini market namun kemudian dibatalkan begitu saja. [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar