Bau Bensin dan Potensi Terbakar, Kia dan Audi Ditarik

Berita Otomotif

Bau Bensin dan Potensi Terbakar, Kia dan Audi Ditarik

DETROIT - Kia dan Volkswagen Group kembali menghadapi masalah recall. Penarikan mobil terjadi di dua negara berbeda dengan masalah berbeda pula. Kia harus menarik mobil yang dipasarkan di Amerika dan Volkswagen Group harus menyelesaikan masalah recall Audi di China.

Kia menarik sedan Forte di Amerika Serikat karena kipas pendingin resistor yang mengalami panas dan potensi meleleh. Kerusakan komponen itu diduga meningkatkan risiko kebakaran, menurut dokumen yang diajukan oleh regulator keselamatan transportasi AS dilansir Reuters.

Merek asal Korea ini diharapkan mulai memperbaiki kerusakan mulai 24 Februari 2014 seperti penjelasan Highway Traffic Safety Administration Nasional (NHTSA).

Terkait kerusakan ini, Kia bersedia mengganti kipas pendingin resistor dan unit multifuse demi keselamatan publik. Sementara perbaikan berjalan, pemilik kendaraan dengan mesin 1.8-liter juga akan mendapatkan perbaikan pada komponen perangkat lunak ECU (engine control unit). Beruntung, belum terjadi kecelakan yang memakan korban jiwa.

Sedangkan VW Group menghadapi masalah cukup serius. Merek asal Jerman ini harus menarik 80.000 Audi karena masalah dengan sistem injeksi bahan bakar, di antaranya sekitar 35.000 Audi dipasarkan di China. Yang terkena recall mobil-mobil Audi produksi antara April 2011 sampai April 2012.

"Kasus ini mudah dideteksi dengan mencium bau bahan bakar pada kendaraan," kata Audi dalam sebuah pernyataan resmi.

Model-model yang ditarik dari tangan konsumen adalah Audi A4, A5, A6, A7 dan Q7. Audi berjanji mulai melakukan perbaikan pada 20 Maret. [Ikh/Idr]

Temukan mobil idaman di Mobil123
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter



M Ikhsan

M Ikhsan

Pria ini sangat menyukai dunia otomotif karena sudah menjadi bagian hidupnya sejak kecil. Seperti para jurnalis otomotif lainnya, saya suka‬ pekerjaan yang mendetail dan suka dengan aktivitas outdoor yang penuh tantangan. Impian saya adalah mengoleksi supercar Italia, meski sekarang hanya bisa mengoleksi die cast. Tapi saya percaya suatu saat nanti, satu supercar akan terparkir di garasi rumah. ‎


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual