Baterai Nissan Leaf Digunakan di ‘Kandang’ Ajax Amsterdam

Berita Otomotif

Baterai Nissan Leaf Digunakan di ‘Kandang’ Ajax Amsterdam

AMSTERDAM – Baterai milik Nissan Leaf dipakai di Johan Cruijff Arena, stadion sepak bola ‘kandang’ Ajax Amsterdam, untuk menyimpan dan menyuplai listrik.

Nissan,  seperti diberitakan Autocar akhir pekan lalu, menyediakan 148 baterai bekas maupun milik Leaf untuk dipakai oleh Johan Cruiff Arena. Ini diklaim sebagai sistem penyimpanan dan distribusi energi terbesar di Eropa yang melibatkan baterai mobil listrik.

Sel-sel baterai Nissan Leaf mampu menyimpan energi sebesar 3 MW dan 2.8 NWh yang dihasilkan oleh 4.200 panel surya di atap stadion. Untuk mewujudkan inovasi ini, Nissan tak bekerja sendirian.

Pabrikan asal Jepang tersebut berkolaborasi dengan sederet korporasi teknologi, energi, maupun otoritas setempat. Para partner Nissan adalah Eaton, BAM, The Mobility House and the Johan Cruijff Arena, hingga Amsterdam Climate and Energy Fund (AKEF) and Interreg.

“Berkat sistem penyimpanan energi ini, stadion nantinya mampu menggunakan energi ramah lingkungan denan lebih pintar,” kata Director of Innovation Johan Cruijff Arena Henk van Raan, seperti dikutip dari Electrek.

Nissan, dalam penjelasan resmi mereka, mengatakan apa yang diterapkan di ‘kandang’ Ajax Amsterdam adalah contoh siklus pemanfaatan baterai mobil listrik. Salah satu pabrikan otomotif terbesar dunia ini menerangkan baterai Leaf akan berkontribusi bagi penyimpanan dan distribusi listrik efisien serta dapat diandalkan bagi stadion maupun jaringan listrik di sekitarnya.

Pasalnya, pada jam-jam tak sibuk, sistem penyimpanan energi Johan Cruijff Arena pun dapat menyediakan listrik bagi jaringan listrik di luar stadion.

“Kami memosisikan ekosistem kelistrikan kami dalam masa depan ramah lingkungan  yang mentransformasikan cara kita berkendara dan cara kita menjalani hidup,” ujar Managing Director Energy Service Nissan Eropa Francisco Carranza.

Apa yang dilakukan oleh Nissan menjadi contoh terakhir dari pemanfaatan baterai mobil listrik bekas atau pun baru di sistem penyimpanan energi. Pabrikan-pabrikan semisal Mercedes-Benz, BMW, Renault sebelum ini sudah melakukan aksi serupa. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar