4 Komponen Mobil yang Harus Dicek Setelah Pulang Mudik

Berita Otomotif

4 Komponen Mobil yang Harus Dicek Setelah Pulang Mudik

JAKARTA - Ada baiknya melakukan pengecekan kondisi mobil setelah pulang mudik dan hal ini bisa terlebih dahulu dilakukan tanpa ke bengkel resmi.

Hari Raya Idul Fitri 2019 sudah sepekan berlalu dan puncak arus mudik maupun puncak arus balik sudah berlalu. Akan tetapi, Korps Lalu Lintas Kepolisian Republik Indonesia (Korlantas Polri) memprediksi bahwa arus balik masih akan terus terjadi hingga 17 Juni dan kepadatan lalu lintas Ibu Kota Jakarta baru benar-benar normal pada Selasa (18/6/2019) mendatang.

Para pemudik sendiri kadang pulang dalam waktu agak mepet dengan hari berakhirnya cuti mereka sehingga kendaraan belum sempat diperiksakan atau servis ke bengkel resmi. Padahal, mobil sudah bekerja sangat keras karena bisa menempuh perjalanan dengan total ribuan kilometer.

Auto2000 memberikan tips mengecek 4 bagian kendaraan sebelum Anda memulai perjalanan.

Ban
Ban bisa diibaratkan kaki manusia. Tugas komponen ini sangat berat mulai dari menopang bobot mobil plus penumpang dan barat, mengarahkan serta mengatur laju kendaraan, hingga meredam getaran.

Cek ulang tekanan angin ban sesuai rekomendasi pabrikan. Cek juga kondisi fisik ban, mulai dari telapak ban hingga dinding ban. Ukur ketebalan telapak ban dan pastikan tidak ada cacat fisik di dinding ban. Perhatikan pula kondisi pelek dan jangan lupa untuk mengecek kondisi ban serep.

Oli mesin
Oli ibarat darah bagi mesin mobil, makanya segera lakukan pengecekan takaran oli mesin via dipstick. Segera tambah jika kurang dan perhatikan apakah kondisi fisik oli tidak seperti biasanya seperti berwarna coklat, keruh atau kental. Jika volume oli mesin berkurang banyak dan terjadi perubahan fisik, segera bawa mobil Anda ke bengkel resmi Auto2000 untuk pemeriksaan lebih dalam.

Kaki-kaki mobil
Di area kaki-kaki terdapat 4 komponen penting sekaligus yakni sistem kemudi, suspensi, rem, dan penggerak roda. Semuanya bekerja secara simultan dan mendapatkan tekanan dari gaya mengemudi serta kondisi jalan.

Semakin berat untuk mobil penggerak roda depan lantaran seluruh komponen terpusat di bagian depan. Periksa jika ada kebocoran pelumas, karet getas atau sobek. Lakukan spooring dan balancing untuk membuatnya fit kembali.

Cairan mobil
Perjalanan mudik yang berat pasti menyiksa mobil, dan bagian yang terkena imbas lebih dulu biasanya cairan mobil ditandai dengan penguapan. Lakukan pengecekan air radiator, air aki basah, minyak rem, minyak kopling manual, freon AC, oli transmisi otomatis, hingga air wiper.

Tambah sesuai takaran dan periksa apakah ada kebocoran atau kerusakan lainnya. Jangan abaikan jika ada sesuatu yang mencurigakan. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia dan resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Support