Barang-barang Wajib di Mobil saat Covid-19

Berita Otomotif

Barang-barang Wajib di Mobil saat Covid-19

Barang-barang Wajib di Mobil saat Covid-19 – Bepergian dengan mobil saat pandemi covid-19 membutuhkan perhatian khusus. Setidaknya pemilik kendaraan harus memboyong beberapa benda yang bisa melindungi dari serangan virus.

Virus covid-19 yang merebak sejak Desember 2020 dan dinyatakan sebagai pandemik oleh WHO mulai awal 2020, meresahkan banyak orang. Virus tersebut dengan mudahnya menyebar dan menjangkiti jutaan orang di dunia.

Meskipun dikategorikan sebagai penyakit berbahaya, namun aktivitas tetap harus berjalan. Di Indonesia sendiri, penyebaran virus cukup ganas dan liar sehingga sudah mencapai angka 2 juta kasus.

Untuk masyarakat yang tetap harus beraktivitas, harus menerapkan protokol kesehatan ketat agar terhindar dari virus tersebut. Bagi pengguna mobil pribadi, Anda harus membawa barang bawaan khusus yang wajib ada di dalam kendaraan.

Berikut ini barang bawaan pribadi yang harus ada di dalam mobil saat pandemi

  • Masker

Benda ini menjadi alat paling vital di masa pandemi seperti saat ini. Masker wajib dikenakan saat Anda keluar dari rumah. Benda ini wajib baik untuk orang yang sedang sakit maupun sehat, karena terbukti bisa melindungi dari penyebaran virus.

Untuk para pengguna mobil pribadi, Anda sebaiknya menyimpan beberapa lembar masker di dalam kendaraan. Sehingga ketika lupa membawanya dari rumah, masih ada stok di dalam mobil Anda.

Masker juga memiliki daya tahan terbatas karenanya jangan gunakan masker yang sama berulang kali. Ini guna memaksimalkan tugasnya menghalau segala jenis bakteri maupun virus berbahaya.
barang-barang wajib di mobil

  • Hand Sanitizer

Hand sanitizer atau cairan pembersih tangan, juga merupakan salah satu benda yang wajib ada di dalam kendaraan atau mobil. Benda ini wajib digunakan setiap kali Anda berinteraksi di tempat umum. Cairan ini cukup efektif mematikan kuman dan virus untuk sementara sebelum mencuci tangan dengan sabun dan air bersih.

Saat berada di perjalanan dengan mobil, Anda akan berinteraksi dengan orang lain misalnya saat membayar parikir konvensional, menempelkan kartu uang elektronik (jika tanpa tongtol), memencet tombol tiket (model lawas) dan parkir liar.

Hand sanitizer sebaiknya ditempatkan di masing-masing pintu kendaraan. Sehingga setiap orang yang berada di dalam kabin bisa mensterilkan tangannya masing-masing. Setelah sampai tempat tujuan tetap wajib untuk mencuci tangan dengan sabun dan air bersih.

  • Tisu

Tanpa pandemi sekalipun, tisu merupakan benda yang penting ada di dalam kendaraan. Lalu berdasarkan pengalaman penulis, tisu basah juga wajib ada di dalam kabin terutama bagi yang memiliki anak kecil.

Di masa pandemi seperti saat ini, Anda harus menambahkan tisu disinfektan dalam kendaraan. Benda ini fungsinya mirip dengan tisu basah pada umumnya, namun memiliki kadar alkohol yang lebih tinggi dan terdapat kandungan yang bisa mematikan virus maupun bakteri.

Benda ini juga bisa digunakan untuk membersihkan berbagai bagian di interior seperti dashboard, setir, tuas persneling, tuas rem tangan, jok, seatbelt, pegangan jok, hingga trim pintu. Pada intinya bagian yang kerap tersentuh bisa diusap dengan tisu disinfektan.

Anda juga bisa membersihkan kisi-kisi hingga tombol-tombol fitur mobil. Pada umumnya merek-merek tisu disinfektan yang ada di pasaran, cukup aman untuk interior mobil Anda. Setidaknya tidak mudah membuat kuning berbagai komponen atau malah rusak, seperti kulitnya mengelupas atau mengeras.

Karena menggunakan bahan dasar alkohol yang cukup tinggi, maka tisu ini lebih cepat kering. Sehingga Anda tidak perlu khawatir akan menjadi licin permukaannya. Pilihlah merek yang cukup terkenal karena biasanya cukup baik kualitasnya.

  • Semprotan Disinfektan

Benda ini termasuk yang paling laris di pasaran selain masker. Cairan ini berfungsi membersihkan banyak bagian di dalam kendaraan. Selain itu juga bisa membuat udara di dalam kendaraan kembali bersih dan segar.

Fungsi benda ini sebenarnya mirip dengan tisu disinfektan, bedanya bisa mencakup udara di sekitarnya. Semprotan juga bisa menjangkau daerah-daerah yang tidak mudah dijangkau tangan. Selain itu juga tidak membaut permukaan terlalu basah.

Saat ini cukup banyak merek disinfektan yang beredar di pasaran. Pastikan Anda memilih yang aman bagi manusia. Adapula merek disinfektan yang mencantumkan bahwa produknya khusus untuk interior mobil.

Ini untuk mencegah kulit Anda iritasi karena terkena oleh cairan tersebut. Disinfektan yang memang khusus dibuat untuk kabin mobil juga tidak merusak bagian-bagian interior mobil.

  • Sabun cuci tangan sekali pakai

Benda ini sangat efektif untuk Anda yang kerap bepergian dengan mobil dan berpindah-pindah tempat. Dengan benda ini Anda tidak membutuhkan lebih banyak air untuk membilas.

Bentuknya yang seperti lembaran kertas, sehingga lebih mudah untuk digunakan. Benda ini cukup banyak bisa Anda temukan di marketplace.

  • Kantung belanja

Sebelum pandemi dimulai, beberapa aturan Pemerintah Daerah sudah mulai melarang penggunaan tas plastik. Ini dilakukan untuk menjaga lingkungan sekitar tidak tercemari dengan sampah plastik.

Saat pandemi, kebiasaan ini harus berlanjut karena bisa mengurangi interaksi dengan pihak kasir paling tidak. Kantung belanja pribadi setidaknya disiapkan dengan jumlah lebih dari satu di dalam mobil.

Selain kantung belanja pribadi, Anda juga perlu rajin membersihkan karpet mobil dan plafon. Karena pada karpetlah kantung belanja disimpan dan juga memiliki potensi penyebaran kuman maupun virus.

  • Alat makan pribadi

Untuk Anda yang kerap melakukan perjalanan jarak jauh atau rutin, terlebih di kota-kota besar, tentunya akan membutuhkan alat makan pribadi. Benda ini akan berguna jika Anda terpaksa makan di luar karena kesibukan sehari-hari.

Membawa makanan dari rumah juga merupakan salah satu upaya yang maksimal dalam pencegahan virus. Alat seperti wadah makan, sendok, garpu hingga sedotan besi yang dapat dicuci kembali, wajib ada di dalam mobil.

  • Baju ganti

Untuk Anda yang kerap melakukan perjalanan rutin dan kerap berpindah-pindah lokasi, membawa baju ganti adalah salah satu syarat yang penting. Setelah melakukan perjalanan dari satu tempat ke tempat lain, gantilah baju Anda agar tidak membawa virus kemana-mana.

Ini juga berguna untuk Anda yang tinggal bersama orang tua maupun anak kecil. Walaupun saat sampai di rumah, Anda tetap wajib mandi untuk membuang kuman dan virus-virus yang menempel di badan maupun baju.

Virus covid-19 memang mengerikan, namun dengan tetap waspada dan menerapkan protokol kesehatan yang ketat, bisa meminimalisir tertular. Selain itu, aktivitas juga bisa tetap berjalan sehingga bisa memutar roda ekonomi keluarga.
Kabin mobil

Nah, selain melakukan pembersihan di dalam mobil dengan menggunakan alat-alat seperti dijelaskan di atas, eksterior juga penting untuk mendapat perhatian.

Bagian eksterior yang bisa menularkan virus antara lain handle pintu, kaca jendela, bodi samping hingga kap mesin dan bagasi. Mencuci mobil dengan rutin, bisa menurunkan potensi penularan melalui kendaraan.

Setelah kendaraan kembali bersih, ada baiknya ditambahkan penyemprotan disinfektan di beberapa bagian yang kerap tersentuh tangan seperti handle dan ujung pintu. Jika Anda tidak memiliki waktu luang untuk membersihkan mobil secara rutin, ada beberapa tempat yang menawarkan jasa pembersihan mobil secara menyeluruh. [Dew/Had]



Denny Basudewa

Denny Basudewa

Cowok kelahiran Bogor, Jawa Barat ini gemar mendalami seluk beluk dunia otomotif. Dunia jurnalistik telah menjadi passion hidupnya sehingga ingin terus memberikan informasi seputar otomotif pada masyarakat.


Berita Utama


Komentar