Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Banyak yang Mau Mudik Pakai Kendaraan Baru, 96 Ribu Mobil Laku Jelang Lebaran

Berita Otomotif

Banyak yang Mau Mudik Pakai Kendaraan Baru, 96 Ribu Mobil Laku Jelang Lebaran

JAKARTA – Lebih dari 96 ribu mobil laku terjual pada Maret 2023 atau sebulan menjelang Lebaran Idul Fitri 2023.

Data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menunjukkan penjualan mobil secara retail (distribusi diler ke konsumen) pada Maret tahun ini mencapai 96.319 unit.

Terjadi kenaikan penjualan nyaris 15 persen, tepatnya 14,7 persen, jika dibandingkan dengan sebulan sebelumnya yang ‘hanya’ 83.977 unit.

Lebaran Idul Fitri 2023 sendiri diperkirakan jatuh pada 21 April atau 22 April mendatang. Lonjakan penjualan mobil pada Maret sudah sesuai dengan prediksi agen pemegang merek (APM).

All New Toyota Agya meluncur jelang Lebaran 2023

“Memang, di Maret ini kelihatan dibandingkan bulan lalu ada kenaikan, ya. Kenaikannya seperti biasa, sekitar 10-15 persen lebih tinggi dibandingkan bulan sebelumnya,” kata Vice President Director PT. Toyota Astra Motor (TAM) Henry Tanoto di sela-sela Buka Puasa Bersama Media pada 29 Maret 2023 di Jakarta.

“Kita juga tahu, ya, secara musiman sebelum Lebaran, kan, permintaan dari masyarakat memang selalu meningkat,” tukasnya lagi.

Toyota sendiri merupakan merek mobil terlaris di dunia maupun di Indonesia. Mereka kerap menguasai lebih dari 30 persen pasar otomotif di Bumi Pertiwi.

booth Toyota IIMS 2023

Lebih lanjut, penjualan mobil pada Maret kemarin sekaligus menjadi yang tertinggi sepanjang kuartal satu 2023.

Pencapaian yang paling mendekatinya terjadi pada Januari, ketika transaksi jual-beli mobil menyentuh 90.872 unit.

Pasar mobil nasional pada April ini sendiri diprediksi lebih kecil daripada Maret. Pasalnya, hari kerja menjadi jauh lebih sedikit karena cuti bersama sekaligus liburan Lebaran 2023 yang berlangsung dari 19-25 April nanti.

“Kalau pada April, kan, kita ada libur Lebaran. Jadi, rasa-rasanya waktu konsumen akan lebih ke liburan, menghabiskan waktu bersama keluarga. Jadi, secara musiman di bulan di mana terjadi hari raya Lebaran memang (penjualan mobil) lebih sedikit karena hari kerjanya lebih pendek,” papar Henry. [Xan/Ses]

>>>>> Klik link ini untuk melihat harga mobil baru <<<<<



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang