Pembeli Toyota GR Yaris di Indonesia Akan Diundi, Ini Alasannya

Berita Otomotif

Pembeli Toyota GR Yaris di Indonesia Akan Diundi, Ini Alasannya

JAKARTA – Jumlah pemesan Toyota GR Yaris di Indonesia jauh melebihi kuota, meski harganya terbilang tinggi. Toyota akhirnya memutuskan untuk menyeleksi pembeli dengan cara diundi.

Direktur Pemasaran PT. Toyota Astra Motor Anton Jimmi Suwandy mengatakan bahwa pihaknya kini sedang mempersiapkan distribusi GR Yaris pada 2021. Adapun harga dari edisi khusus yang debut global pada Januari 2020 ini kelak ada di kisaran Rp850 jutaan.

“GR Yaris itu target harganya Rp850 juta. Memang kami usahakan dengan harga sekompetitif mungkin. Kira-kira akan ada di Rp850 jutaan,” ucap dia dalam konferensi pers virtual introduksi merek Gazoo Racing di Indonesia, Kamis (19/8/2021).

Toyota GR Yaris

Indonesia sendiri hanya mendapatkan kuota 126 unit, dari total produksinya untuk pasar global yang hanya 25 ribu unit di Jepang. Namun, jumlah peminatnya di Indonesia, sejak pemesanan dibuka pada Maret 2021, jauh di atas itu.

“SPK (Surat Pemesanan Kendaraan) yang masuk kira-kira 600-an unit. Padahal unit yang kami dapat 100-an saja. Jadi cukup besar,” tandas Anton.

Sebagai jalan keluar, Toyota pun akhirnya melakukan ‘kocok dadu’ untuk menentukan konsumen beruntung sesuai kuota yang ada.

“Kebetulan besok, karena animo permintaan yang sangat tinggi, kami dibantu teman-teman diler akan mengadakan pengundian unit-unit ini akan diterima konsumen yang mana. Kami kesulitan, karena permintaannya sangat tinggi dibandingkan unit yang ada pada kami,” papar dia.

Toyota GR Yaris

Sebagai informasi, GR Yaris terinspirasi secara langsung dari kendaraan yang dipakai oleh tim Toyota dalam ajang World Rally Championship.

Pasar otomotif Indonesia akan mendapatkan model bermesin 1.6-liter turbo G16E-GTS yang dijodohkan dengan girboks manual enam percepatan iMT untuk menyalurkan daya menuju sistem penggerak empat roda ‘GR-Four’.

Toyota, menurut Anton, berencana mendistribusikan GR Yaris kepada 126 orang yang beruntung pada November mendatang.

“Kami targetkan mulai pengiriman pada November. Akhir tahun ini. Kami sekarang masih proses perizinan dan semuanya. Harapan kami bisa selesai bulan ini untuk proses uji tipenya. Kemudian kami buat TPT Impornya lalu baru bisa didistribusikan ke konsumen,” pungkas dia. [Xan/Ses]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar