Banyak Fungsi, Ini Ide Modifikasi Mobil Van

Panduan Pembeli

Banyak Fungsi, Ini Ide Modifikasi Mobil Van

Modifikasi mobil van tentunya tidak bisa sembarangan dilakukan. Perlu sebuah konsep yang jelas dan matang sebelum melakukan modifikasi. Pasalnya, bila konsep dan perencanaan tidak dilakukan secara matang tentu hasil yang didapatkan tak akan maksimal dan berpotensi mengacaukan segalanya.

Bila konsep modifikasi sudah salah, maka untuk memperbaikinya bukan perkara mudah. Tentunya diperlukan biaya yang lebih besar dan tambahan waktu pengerjaan. Hal tersebut tentunya tidak diharapkan oleh semua modifikator.

Umumnya, modifikator pun tidak akan sembarangan menerapkan sebuah konsep modifikasi ke mobil. Sebab, masing-masing mobil memiliki karakter yang berbeda-beda. Bila melanggar pakem tersebut maka hasil modifikasi tentunya akan menjadi aneh.

Memodifikasi mobil jenis van bisa dibilang memiliki tantangan tersendiri, karena mobil jenis ini umumnya berbentuk kotak. Sehingga ubahan yang akan diterapkan jauh lebih terbatas ketimbang dengan mobil-mobil lain.

Meski demikian, tidak dapat dipungkiri bahwa, hingga sekarang mobil jenis van masih menjadi salah satu kendaraan yang banyak dimodifikasi. 

Lantas modifikasi apa saja yang bisa diterapkan dengan baik pada mobil van?

Sebagai gambaran berikut ini beberapa konsep modifikasi mobil van yang menarik.

Dijadikan Camper Van

Mobil Van

Pembangunan infrastruktur jalan, jembatan dan lainnya di Indonesia semakin mempermudah masyarakat untuk berwisata dan melakukan perjalanan jauh. Mobil van pun bisa menjadi sebuah pilihan tepat dalam menjawab kebutuhan berkendara.

Hal ini karena mobil van bisa mengangkut barang yang lebih banyak bila dibandingkan dengan kendaraan-kendaraan lain. Dengan menggunakan van, maka bukan tidak mungkin pemilik kendaraan memodifikasi mobil layaknya sebuah camper van.

Dengan menjadikan mobil sebagai rumah berjalan maka pelanggan akan merasa lebih nyaman. Pengguna tidak perlu repot-repot mencari hotel atau kamar, karena di mobil sudah tersedia beragam kebutuhan sehari-hari. Malah, dengan menjadikan kendaraan sebagai camper van akan memudahkan Anda beistirahat di mana pun.

Konsep modifikasi ala camper van bisa diterapkan ke mobil jenis van berukuran compact. Namun, hasil yang didapatkan tentunya akan berbeda bila menggunakan van berukuran besar sebagai platformnya.

Dengan kendaraan yang lebih besar, maka kenyamanan yang didapat akan lebih maksimal ketimbang van berukuran kecil.

Salah satu mobil yang cocok untuk digunakan sebagai camper van adalah Mercedes-Benz Spinter. Mobil ini memiliki dimensi yang cukup luas dengan panjang 5.910 mm, lebar 1.993 mm dan tinggi mencapai 2.790 mm. Mobil ini juga sudah dilengkapi dengan 14 kursi.

Sementara untuk perfoma, Mercedes-Benz Sprinter dilengkapi dengan mesin berkapasitas 2.143 cc. Mesin tersebut mampu menghasilkan tenaga sebesar 150 hp dan torsi mencapai 330 Nm yang tentunya cukup untuk memenuhi kebutuhan pengendara.

Dijadikan Food Truck

Mobil Van

Food truck di Indonesia belakangan ini semakin menjamur dan sangat mudah ditemui di beberapa acara yang melibatkan banyak orang, karena dapat berpindah lokasi dengan sangat mudah. Hal inilah yang menjadikan perkembangan food truck di Indonesia semakin tumbuh, khususnya di perkotaan.

Sayangnya pandemi cukup memukul para pengusaha food truck yang sering kali mengandalkan event-event besar sebagai pusat penjualan. Meski demikian, bukan tidak mungkin tren food truck akan kembali meningkat di masa depan.

Mobil yang bisa dipilih untuk dijadikan food truck cukup variatif, karena memang tidak terlalu membutuhkan mobil berukuran terlalu besar. Cukup membawa kompor dan beberapa kebutuhan dapur lain sudah bisa keliling mencari konsumen.

Meski demikian, modifikasi mobil van ala food truck jangan cuma memikirkan fungsi saja, tapi juga harus menciptakan tampilan menarik. Pasalnya, kendaraan dengan tampilan apik bisa menarik pelanggan untuk membeli makanan yang dijual.

Salah satu mobil yang paling umum untuk dijadikan sebagai food truck adalah Volkswagen Combi. Mobil ini memiliki desain yang sangat unik dan mudah dikenali meski berada di dalam keramaian.

Mobil ini juga tidak bisa dikatakan besar, tapi juga tidak bisa dikatakan kecil, sehingga masih cukup mudah untuk melaju dan parkir di berbagai lokasi. Tentunya ini akan menjadi sebuah keunggulan saat harus membuka lapak di lokasi-lokasi yang terbilang kecil.

Dijadikan sebagai kantor

Mobil Van

Modifikasi satu ini terbilang masih cukup jarang terdengar di Indonesia, padahal fungsinya terbilang menarik. Dengan menjadikan mobil van sebagai kantor maka seseorang bisa berkerja secara maksimal di mana pun berada.

Selain itu, dengan kondisi pandemi seperti sekarang ini, kantor berjalan mungkin sebuah ide yang menarik. Pasalnya seseorang bisa berpelisir tanpa meninggalkan pekerjaan mereka sehingga semua masih berkerja normal.

Ada banyak jenis kendaraan yang bisa digunakan sebagai kanvas modifikator dalam mengerjakan konsep modifikasi seperti ini. Namun kami menyarankan untuk memilih kendaraan yang berukuran lebih besar ketimbang mobil-mobil food truck.

Hal ini penting, karena akan ada banyak barang yang perlu dibawa di dalam kantor berjalan agar dapat bekerja secara optimal setiap harinya. Namun, jangan lupa untuk selalu menyisakan ruang untuk keperluan penyimpanan perlengkapan darurat.

Mobil kantor yang paling mudah untuk dilihat adalah Samsat Keliling di berbagai wilayah di Indonesia. Mobil tersebut sudah dilengkapi dengan beragam fasilitas dan peralatan mumpuni untuk melayani ratusan orang yang ingin memperpanjang SIM.

Mobil yang digunakan pun tidak terlalu besar sehingga bisa parkir di berbagai lokasi strategis.

Ada beberapa mobil yang digunakan sebagai SIM keliling, salah satunya adalah Isuzu Elf NLR 55 B. Mobil ini memiliki panjang 4.590 mm, lebar 1.695 mm dan tinggi 2.127 mm. Mobil ini dilengkapi dengan mesin berkapasitas 2.771 cc yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 98 hp dan torsi hingga 220 Nm.

Kesimpulan

Tentunya ada banyak konsep modifikasi lain yang bisa dipilih oleh masyarakat dan bisa menjadi sumber inspirasi. Namun tentunya semua modifikasi yang dilakukan harus disesuaikan dengan selera dan kebutuhannya masing-masing.

Kami juga sangat menyarankan untuk memilih bengkel modifikasi terpercaya untuk mengerjakan mobil van Anda. Hal ini untuk menghindari kesalahan dalam pembuatannya yang bisa menimbulkan kekecewaan terhadap hasil pekerjaan.

Tak ada salahnya juga untuk membuat desain kendaraan yang detail mulai dari tampilan eksterior hingga di dalam kabin terlebih dahulu. Tujuannya adalah sebagai patokan untuk pengerjaan sehingga mengurangi risiko kesalahan dalam pembuatan. [Adi/Ses]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar