Bantu Pemerintah, Honda City CNG untuk BPPT

Berita Otomotif

Bantu Pemerintah, Honda City CNG untuk BPPT

TANGERANG SELATAN - Setiap tahun masalah subsidi bahan bakar minyak (BBM) selalu menjadi sorotan akibat besarnya jumlah sudsidi. Solusi pun harus dibuat. Salah satu solusi yang disarankan adalah bahan bakar gas.

Untuk itu, PT Honda Prospect Motor (HPM) bersama pemerintah dalam hal ini Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) melakukan sebuah sinergi untuk mencari solusi dengan fokus pada pengembangan bahan bakar alternatif.

Sebuah Honda City CNG pun diserahkan Honda kepada BPPT untuk dijadikan bahan riset edukasi dan pengembangan teknologi energi gas di Indonesia. 

Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia, Mohamad Nasir, memaparkan kalau ada beberapa faktor yang harus diteliti lebih dalam terkait pemanfaatan CNG.

Pertama adalah aspek teknologi untuk melihat sejauh mana teknologi CNG ramah pada lingkungan. Lalu faktor kedua adalah ketangguhan dan ketahanan teknologi tersebut.

Dan ketiga adalah faktor komersialisasi. Maksudnya, seberapa kompetitif sebuah mobil CNG ketika ada di pasar kelak.

Bila ketiga faktor ini oke. Nasir memandang masa depan CNG sangat cerah di Indonesia.

"Potensial market di sini sangat luar biasa," cetusnya seraya mengatakan kalau dirinya ingin riset yang dilakukan BPPT terkait CNG bisa selesai tahun ini.

"Kami berharap Honda City CNG ini dapat memberikan manfaat yang besar untuk studi kendaraan berbahan bakar alternatif, sehingga menciptakan solusi energi untuk lingkungan yang lebih baik, sekaligus mendukung sosialisasi tentang amannya penggunaan CNG," lugas President Director PT Honda Prospect Motor (HPM), Tomoki Uchida. [Syu/Idr]

Temukan mobil idaman di Mobil123
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter



Syubhan Akib

Syubhan Akib

Pria berkacamata yang mencintai dunia otomotif dan sangat suka memandang mobil klasik serta mempelajari sejarah otomotif dunia. Kemacetan adalah sahabat, kecepatan adalah kesukaan dan liburan akhir pekan adalah impian.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Chat Bantuan
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Chat Bantuan
Support