Bangkok Motor Show 2020 Jadi Pameran Otomotif Pertama di Masa Pandemi Corona

Berita Otomotif

Bangkok Motor Show 2020 Jadi Pameran Otomotif Pertama di Masa Pandemi Corona

BANGKOK – Bangkok International Motor Show (BIMS) 2020 akan dilangsungkan pada bulan Juli 2020, menjadi pemeran otomotif pertama di dunia di masa pandemi Corona.

Pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) telah berhasil membuat sejumlah pameran otomotif dibatalkan. Namun, BIMS 2020 akhirnya resmi akan diselenggarakan pada tanggal 15-26 Juli mendatang, setelah sebelumnya mengalami penundaan.

Sebelumnya, Grand Prix International selaku penyelenggara BIMS 2020 memang telah mengumumkan penundaan penyelenggaraan yang seharusnya dilakukan pada bulan Maret. Ketika itu, belum ada kepastian tanggal penyelenggaraan kembali.

Menariknya, bila BIMS 2020 benar digelar pada tanggal tersebut, maka ini akan menjadi penyelenggaraan pameran otomotif global pertama yang diselenggaraan setelah pandemi Covid-19. Tentunya ini akan menjadi harapan baru untuk kebangkitan otomotif dunia.


Meski demikian, penyelenggaraan dipastikan akan mendapat perhatian penuh untuk memastikan keamanan dan kesehatan seluruh penyelenggara klien dan pengunjung. Penyelenggaraan harus mematuhi protokol kesehatan yang telah disampaikan oleh pihak berwenang.

Salah satunya adalah pemeriksaan suhu tubuh sebelum memasuki Impact Challenger Exhibition Halls dimana pameran akan diselenggarakan. Social distancing juga akan ditegakkan dan semua orang diharuskan untuk tetap menggunakan masker saat berada di dalam pameran.

Tentunya akan ada banyak perubahan dibandingkan panyelenggaraan sebelumnya. Grand Prix International mengatakan akan memberikan jarak antar booth sejauh 3-6 meter untuk memenuhi aturan social distancing.

Exhibitor pun diwajibkan untuk menggunakan face shield ketika berinteraksi dengan para pengunjung. Pengunjung juga harus menggunakan alkohol untuk membersihkan tangan sebelum memasuki kendaraan di ruang pameran.

Kebijakan lebih ketat berlaku untuk mereka yang akan melakukan test drive kendaraan. Selain harus membersihkan tangannya dengan alkohol, mereka juga diwajibkan untuk diperiksa suhu badannya lagi.

Tentunya seluruh kebijakan ini bukan tanpa cela, namun setidaknya akan menjadi acuan untuk penyelenggaraan pameran otomotif selanjutnya. Salah satunya adalah penyelenggaraan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2020 yang rencananya akan diselenggarakan pada bulan Oktober 2020.

Penyelenggaraan tersebut pun sebenarnya masih belum bisa dipastikan digelar karena pihak penyelenggara akan melakukan evaluasi pada bulan Juli 2020. Bila kondisi dinilai sudah terkendali maka GIIAS 2020 kemungkinan akan diselenggarakan.

Saat ini Pemerintah sendiri menilai bahwa kondisi Covid-19 sudah terkendali dan sejumlah wilayah pun sudah memberlakukan new normal. Meski demikian, jumlah penambahan kasus postif justru semakin bertambah hingga lebih dari 1.000 orang per hari. Tentunya ini harus menjadi pertimbangan dalam menentukan keputusan penyelenggaraan GIIAS bulan depan. [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar