Ban Masa Depan Goodyear Dapat Hasilkan Oksigen

Berita Otomotif

Ban Masa Depan Goodyear Dapat Hasilkan Oksigen

GENEVA – Goodyear memanfaatkan ajang Geneva Motor Show 2018 untuk mengenalkan ban konsep terbaru mereka yaitu Goodyear Oxygene.

Ban konsep ini diklaim akan menjadi ban kendaraan masa depan yang mendukung kualitas udara menjadi lebih bersih dan lebih nyaman. Ini berkat struktur unik dengan menonjolkan lumut hidup yang tumbuh di sisi samping dalam ban.

Struktur dan desain tapak ban dibuat bercelah terbuka sehingga memungkinkan lumut hidup serta berfotosintesis dengan menyerap kelembaban air dari permukaan jalan kemudian melepaskan oksigen ke udara. Chris Delaney, Presiden Goodyear untuk Eropa, Timur Tengah dan Afrika mengatakan bahwa ban konsep ini mampu memberikan oksigen segar sehingga masyarakat akan lebih sehat.

Menariknya lagi, Goodyear Oxygene juga dilengkapi dengan konstruksi non-pneumatik yang dicetak 3D menggunakan serbuk karet dari ban daur ulang sehingga ramah lingkungan. Goodyear Oxygene pun menggunakan sistem komunikasi LiFi (Light Fidelity) untuk konektivitas mobile berkapasitas tinggi pada kecepatan cahaya.

Selain itu, Goodyear Oxygene menghasilkan energi yang didapatkan selama masa fotosintesis untuk menyalakan peralatan elektronik di dalamnya. Sebut saja panel sensor on-board, unit pengolah kecerdasan buatan dan sebagainya untuk kebutuhan ban.

“Bagi kami, inovasi terhadap infrastruktur dan transportasi yang lebih cerdas dan ramah lingkungan menjadi sangat penting terutama dalam mengatasi tantangan mobilitas dan pembangunan perkotaan di masa depan,” pungkas Chris Delaney. [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual