Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Ban Masa Depan Goodyear Dapat Hasilkan Oksigen

Berita Otomotif

Ban Masa Depan Goodyear Dapat Hasilkan Oksigen

GENEVA – Goodyear memanfaatkan ajang Geneva Motor Show 2018 untuk mengenalkan ban konsep terbaru mereka yaitu Goodyear Oxygene.

Ban konsep ini diklaim akan menjadi ban kendaraan masa depan yang mendukung kualitas udara menjadi lebih bersih dan lebih nyaman. Ini berkat struktur unik dengan menonjolkan lumut hidup yang tumbuh di sisi samping dalam ban.

Struktur dan desain tapak ban dibuat bercelah terbuka sehingga memungkinkan lumut hidup serta berfotosintesis dengan menyerap kelembaban air dari permukaan jalan kemudian melepaskan oksigen ke udara. Chris Delaney, Presiden Goodyear untuk Eropa, Timur Tengah dan Afrika mengatakan bahwa ban konsep ini mampu memberikan oksigen segar sehingga masyarakat akan lebih sehat.

Menariknya lagi, Goodyear Oxygene juga dilengkapi dengan konstruksi non-pneumatik yang dicetak 3D menggunakan serbuk karet dari ban daur ulang sehingga ramah lingkungan. Goodyear Oxygene pun menggunakan sistem komunikasi LiFi (Light Fidelity) untuk konektivitas mobile berkapasitas tinggi pada kecepatan cahaya.

Selain itu, Goodyear Oxygene menghasilkan energi yang didapatkan selama masa fotosintesis untuk menyalakan peralatan elektronik di dalamnya. Sebut saja panel sensor on-board, unit pengolah kecerdasan buatan dan sebagainya untuk kebutuhan ban.

“Bagi kami, inovasi terhadap infrastruktur dan transportasi yang lebih cerdas dan ramah lingkungan menjadi sangat penting terutama dalam mengatasi tantangan mobilitas dan pembangunan perkotaan di masa depan,” pungkas Chris Delaney. [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Senior Reporter

Pria sederhana ini tinggal Bekasi sebagai warga taat pajak. Meski selalu menghadapi panas matahari atau hujan deras hingga kemacetan luar biasa setiap harinya demi pekerjaan, namun Ia tetap menjalaninya dengan penuh rasa syukur.


Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang