Awas, Jangan Terlalu Sering Buka-Tutup Radiator

Panduan Pembeli

Awas, Jangan Terlalu Sering Buka-Tutup Radiator

JAKARTA – Apakah Anda sering memeriksa air radiator? Meski itu adalah kebiasaan yang baik, namun harus diketahui bahwa kegiatan tersebut harus dibatasi.

Hal ini dikarenakan kemungkinan tutup radiator rusak menjadi lebih besar. Bila tutup radiator rusak, maka efeknya adalah komponen tersebut akan kurang maksimal bekerjanya. Kemungkinan terburuk yang terjadi adalah overheating mesin.

Meski banyak fakstor yang bisa menyebabkan overheating, namun peran kerusakan tutup radiator terbilang cukup besar. Karena dari segi fungsi, tutup radiator berperan untuk menjaga volume air pada sistem pendinginan. Peran tersebut dijalankan oleh katup-katup pada tutup radiator.

Ada 2 katup dalam komponen ini yaitu katup tekan dan katup vakum. Kedua katup inilah yang kemungkinan besar mengalami kerusakan bila tutup radiator terlalu sering dibuka. Padahal, kedua katup ini memiliki peran yang sangat penting

Kedua katup ini bertugas secara bergantian mengeluarkan dan menghisap sehingga air berputar dari tangki reservoir (tangki cadangan) ke radiator. Karena kerusakan ini sirkulasi air kemudian menjadi tidak bagus dan lama-kelamaan volume air radiator semakin berkurang karena tumpah melalui tangki reservoir. Kekurangan jumlah air ini yang kemudian memicu terjadinya overheating.

Lantas bagaimana cara agar tahu kerusakan pada tutup radiator? Yang paling sederhana adalah dengan melihat air pada tangki reservoir. Apabila tangki cadangan selalu penuh (bahkan air keluar dari selang pada tutup tangki reservoir), itu pertanda bahwa tutup radiator sudah perlu diganti. [Adi/Idr]

Temukan mobil idaman di Mobil123
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter
 

 



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual