Avanza dan Veloz, Mobil Terlaris di Indonesia Berkelas Dunia

Berita Otomotif

Avanza dan Veloz, Mobil Terlaris di Indonesia Berkelas Dunia

JAKARTA - Di tengah semakin ketatnya persaingan di segmen Low MPV, ada beberapa catatan menarik dari salah satu pemainnya, Toyota Avanza dan Toyota Veloz.

Mobil yang dijual pertama kali pada 2004 ini berhasil menjadi mobil terlaris di Indonesia dengan penjualan kumulatif lebih dari 1,6 juta unit.

Bahkan, Avanza hanya butuh waktu 10 tahun untuk mencapai produksi ke-1 juta unit, di mana rekor ini akan sulit dipecahkan oleh mobil apapun di Indonesia. Tidak berlebihan jika kita menyebut Avanza sebagai kreator sekaligus backbone di kelas Low MPV di Indonesia.

“Sejak dijual pada 2004, Toyota Avanza berhasil menjadi game changer sekaligus mobil terlaris di Indonesia sehingga menjadi tulang punggung pertumbuhan pasar segmen Low MPV. Seperti kita ketahui bersama segmen ini merupakan segmen tergemuk, kompetisinya sangat ketat,” kata Executive General Manager PT Toyota Astra Motor, Fransiscus  Soerjopranoto.

Avanza sebagai mobil yang dikembangkan untuk masyarakat dan diproduksi di Indonesia pun diterima dengan baik di berbagai negara tujuan ekspor. Informasi yang diperoleh, ekspor Avanza telah 351.697 unit sejak pertama kali pada 2004 hingga September 2017.

“Ini menunjukkan bahwa kualitas Avanza bertaraf internasional,” ujar Soerjopranoto.

Saat ini, Toyota memasarkan generasi kedua Avanza dan Veloz, yang merupakan hasil penyempurnaan dari generasi kedua yang dirilis pada 2011 dengan masih mempertahankan sistem gerak roda-belakang (rear-wheel drive) yang menawarkan sejumlah keuntungan (baca juga: MPV Rear-Wheel Drive Jago Hadapi Berbagai Medan). 

Eksterior menampilkan grille, bumper dan lampu-lampu baru. Interior-nya dibuat berdasarkan konsep lebih gaya namun tetap praktis agar tidak meninggalkan aspek fungsionalnya. Paduan warna abu-abu gelap dan oak pada Grand New Avanza menimbulkan nuansa yang lebih berkualitas, sementara abu-abu gelap pada Grand New Veloz memberikan kesan sporty lebih kuat.
 
Masih dari interior, di depan pengemudi terdapat speedometer lebih besar, mudah dibaca serta menampilkan eco driving indicator. Bangku baris ketiga kini terpisah 50:50 agar lebih fleksibel untuk memberi ruang gerak lebih luas, ini bertujuan memberikan kenyamanan lebih baik dari model sebelumnya.

Suspensinya kini lebih baik dalam menahan getaran. Toyota pun memperkuat rangka lantai agar tingkat kebisingan, handling dan stablitas lebih baik dari pendahulunya.
Mesin Avanza dan Veloz dibekali teknologi dual VVT-i dengan kapasitas 1.300cc dan 1.500cc. Teknologi Dual VVT-i membuat mobil menjadi lebih irit BBM (bahan bakar minyak) dan bertenaga. [M123]



Redaksi Mobil123

Redaksi Mobil123

Kami siap menyajikan informasi terbaru dari dunia otomotif baik itu dari sisi industri, teknologi hingga komparasi mobil terbaru. Terus ikuti kami melalui media sosial Facebook (facebook.com/mobil123), Twitter (@mobil123ID) dan Instagram (@mobil123id)


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual