Auto2000: Toyota Suka Bikin Kaget

Berita Otomotif

Auto2000: Toyota Suka Bikin Kaget

JAKARTA - Auto2000 mengatakan Toyota suka membuat mereka kaget untuk urusan rencana peluncuran produk baru di Indonesia.

Auto2000 merupakan jaringan dealer terbesar Toyota di Indonesia. Mereka, berdasarkan informasi dari situs resmi, memiliki 12 outlet yang sudah diotorisasi dan berkontribusi sekitar 42 persen dari total penjualan Toyota di Tanah Air.

Riki Rusdianto, Koordinator Kepala Cabang Dealer DKI Jakarta Auto2000, mengatakan bahwa mereka saat ini dalam proses menyusun perencanaan penjualan. Perencanaan itu mencakup untuk jangka pendek yakni pada 2020 serta jangka panjang hingga 2025.

Namun, menyangkut mobil-mobil baru apa saja yang Toyota bakal luncurkan tahun depan, Auto2000 mengaku masih buram. Belum ada informasi dari PT. Toyota Astra Motor (TAM) selaku agen tunggal pemegang merek di Indonesia.

“Untuk tahun depan, kami masih belum mendapatkan gambaran produk baru apa saja yang akan rilis. TAM itu biasanya suka mengagetkan. Kami saja yang mau berjualan sampai bingung,” tukasnya sambil tertawa ketika diwawancarai pada akhir pekan lalu di Jakarta.

Menurut dia, mungkin hal tersebut dilakukan demi meminimalisir kemungkinan perencanaan produk anyar bocor ke publik. Akan tetapi, dengan kondisi tersebut mereka harus beradaptasi dan kadang mesti sigap dan cepat membuat perencanaan.

“Kami, sih, dari bagian penjualan berharap semakin banyak varian produk semakin nyaman. Kami jadi punya banyak produk untuk ditawarkan. Walau terkadang juga kalau tidak bisa dikelola dengan baik, jadi beban stok cukup tinggi dengan varian sekian banyak,” papar Riki.

Toyota pada tahun ini sudah meluncurkan sembilan model. Jumlah itu hampir pasti bertambah satu lagi yakni Prius PHEV yang kemungkinan besar meluncur antara November atau Desember.

Harga Prius PHEV di Tanah Air rencananya di bawah Rp 1 miliar. Jika terealisasi, banderolnya lebih murah dari kompetitornya, Mitsubishi Outlander PHEV, yang lebih dari Rp 1,2 miliar.

Adapun sembilan model Toyota yang telah mengaspal pada 2019 adalah All-New Camry (Januari), Avanza facelift (Januari), C-HR hybrid (April), Supra (Juli), Fortuner TRD Sportivo minor change (Juli), HiAce Premio (Juli), Sienta facelift (September), All-New Corolla Altis (September), Calya facelifit (September). [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar