Aura Motorsport di Line Up Mobil Favorit Toyota Indonesia

Berita Otomotif

Aura Motorsport di Line Up Mobil Favorit  Toyota Indonesia

Toyota dan dunia balap merupakan dua hal tak bisa dipisahkan. Dengan kehadiran di dunia motorsport banyak sekali mobil andal yang bisa melewati beragam kondisi jalan dan cuaca. Bahkan teeknologi terbaru dari dunia motorsport diaplikasikan pada mobil massal yang dijual di Indonesia. 

 “Balap mobil lebih dari sekadar hiburan. Pengembangan industri kendaraan penumpang. Para pembuat kendaraan menggunakan balap sebagai kesempatan untuk mendorong kinerja kendaraan hingga batasnya dan bersaing untuk mendapatkan supremasi, memungkinkan mereka menemukan cara baru untuk memajukan teknologi otomotif,” ungkap Kiichiro Toyoda, founder Toyota Motor Corporation (TMC). 

Ungkapan dari seorang founder Toyota membuat produsen mobil ini selalu terlibat di ajang balap apapun. Mulai dari World Endurance Championship, Dakkar, dan World Rally Championship. Selain itu kehadiran Toyota di ajang Formula 1 pada tahun 2002 hingga 2009 membuktikan kemampuan Toyota dalam pengembangan otomotif terutama di segmen motorsport. 

Untuk itu, Toyota kembangkan Gazoo Racing di tahun 2007 di mana seluruh karyawan Toyota secara sukarela bergabung di lomba ketahanan 24 jam Nurburging. Mengitari jalanan dengan kontur jalan berliku, beraspal dan beton serta cuaca tidak menentu selama 24 jam balapan. 

Tahun 2015 menjadi waktu penting bagi kelahiran Gazoo Racing di kancah motorsport dan sukses membawa Toyota ke balapan bergengsi dan memenangi beragam balap di seluruh dunia. 

Bermodalkan data dan pengalaman di arena balap, Toyota Gazoo Racing berusaha menerjemahkan data dan pengalaman tersebut ke sebuah mobil. Karena filosofi ‘Roads Build People, and People Build Cars’ jadikan acuan dalam mengembangkan mobil baru termasuk line up Toyota Gazoo Racing.

 

Dimulai dari Toyota GR Supra, dikembangkan melewati semua jalur di Nurburging yang dijuluki sebagai Green Hell. Hal ini membuktikan kalau Toyota melihat kesenangan mengemudikan GR Supra jadi prioritas utama mereka. 

Setelah itu beralih ke segmen hatchback dimana GR Yaris dikembangkan dari DNA Toyota Yaris WRC jadikan GR Yaris sebagai Hot Hatch yang menarik perhatian semua orang termasuk konsumen Indonesia. Karena digunakan sebagai homologasi untuk WRC, otomatis Toyota batasi pembelian mobil ini terutama di Indonesia. 

Untuk itu Toyota Indonesia hadirkan line up Toyota Gazoo Racing pada model-model yang dipasarkan di Indonesia. Dimulai dari segmen SUV tersedia Toyota Fortuner dan Toyota Rush, Hatchback tersedia Toyota Yaris dan Agya, tidak lupa salah satu Low MPV favorit keluarga Indonesia, Veloz GR Limited Edition. 

TOYOTA VELOZ GR LIMITED

Toyota Veloz GR Limited Edition merupakan edisi terbatas GR Sport untuk Veloz. Perbedaan terletak di eksterior dengan bodykit dan spoiler yang dibuat khusus oleh GR Sport untuk Veloz. Dengan konsep sporty versi Gazoo Racing, membuat Toyota Veloz sebagai mobil keluarga yang berkarakter sporty dan masuk ke line-up Gazoo Racing Indonesia. 

Eksterior

Sebagai MPV 7-seater dengan DNA motorsport, Toyota Veloz sanggup membawa konsep tersebut dan hasilkan desain sporty pada Gazoo Racing kali ini. Seperti desain bumper depan dibuat lebih aerodinamis dengan lubang udara lebih besar dan aplikasi warna black glossy terpancar jelas. Tentu saja emblem Gazoo Racing terlihat jelas di bumper menandakan ini GR Veloz. 

Tidak lupa headlamp LED multi reflector buat pencahayaan mobil ini semakin fokus dan membantu di jalanan. Terutama jalanan yang kurang pencahayaan terbantu dengan penerangan LED dari Toyota Veloz GR Limited.

Berpindah ke pilar B perhatian tertuju ke side skirt dan spion yang diberikan cover berwarna hitam. Ditambah velg mobil berwarna abu-abu gelap menambah aura sporty pada mobil keluarga 7 penumpang ini. 

Desain bumper belakang lebih sporty dengan spoiler di atap sewarna dengan bodi dan terlihat difusser dengan emblem Gazoo Racing tersemat rapih. Berikan rasa baru untuk mobil keluarga 7 penumpang favorit keluarga Indonesia tersebut. 

Headlight dengan High Mount Stop Lamp terletak pada spoiler membantu kendaraan lain saat berhenti dan lebih aerodinamis dengan kehadiran spoiler ini. 

Dimensi

Panjang 

4200 mm

Lebar 

1660 mm

Tinggi 

1695 mm

Ground Clearance

200 mm

Ukuran Ban 


 

185/65 R16

 Interior

Interior Toyota Veloz GR Limited tetap sama dengan sentuhan pada door trim dan jok yang gunakan motif warna merah di setiap bagian. Pertegas ini model khusus dari Gazoo Racing untuk Toyota Veloz. Tentu saja bagian dasbor tetap sama dengan sentuhan black glossy pada panel tengah dengan AC digital dan head unit layar 7 inch. 

Setir kemudi Toyota Veloz GR Limited sudah dilengkapi dengan Audio Steering Switch dan dibalut dengan kulit memperkuat kesan sporty di mobil keluarga ini. 

Defogger dan wiper belakang pun tersedia di Veloz GR Limited untuk membantu visibilitas saat hujan ataupun kondisi apapun membutuhkan penglihatan di belakang. 

Mesin 

Veloz GR Limited dibekali dengan dua jenis mesin. Pertama berkapasitas 1.326 cc dengan tenaga 95 hp di 6.000 rpm dan torsi 120 Nm pada 4.200 rpm. Untuk mesin kedua berkapasitas 1.496 cc bertenaga 103 hp di 6.000 rpm dan torsi 136 Nm berada di angka 4.20 rpm.  

Dengan transmisi otomatis 4 percepatan dan manual 5 percepatan, tenaga dari kedua mesin tersebut disalurkan ke penggerak roda belakang untuk mobil ini. 

Spesifikasi Mesin

 Tipe 1.5 

Kode Mesin

2NR-VE Dual VVT-i

Kapasitas

1.496 cc

Tenaga

104 hp/6.000 rpm

Torsi

136 Nm/4.200 rpm

 

Kode Mesin

1NR-VE Dual VVT-i

Kapasitas

1.326 cc

Tenaga

95 hp/6.000 rpm

Torsi

103 Nm/4.200 rpm

Harga 

Toyota Veloz GR Limited terbagi menjadi dua varian mesin. Pertama 1.3 M/T dibanderol Rp 221,4 juta, 1.3 A/T hanya Rp 232,2 juta. 

Untuk varian 1.5 M/T harganya Rp 232,8 juta, tipe 1.5 A/T Rp 243,8 juta. Sayangnya, Veloz GR Limited dijual terbatas dan tidak ada diproduksi kembali. Untuk itu segera beli mumpung stok masih tersedia. (ADV/Adi)




Berita Utama


Komentar